Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik,DKISP Banggai Gelar Bimtek PPID.

Kamis, 03 Oktober 2024 | Oktober 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-03T10:54:40Z


TransSulteng-Banggai- Untuk meningkatkan layanan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Banggai, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Banggai melalui Bidang Pengelolaan Informasi Publik menggelar Bimbingan Teknis Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Kamis (3/10/2024), di Hotel Santika, Luwuk Selatan.

Mewakili Pjs. Bupati Banggai, Kepala DKISP Kabupaten Banggai Lesmana P. Kulab membuka secara resmi kegiatan bimtek yang diikuti oleh PPID pelaksana di tiap-tiap OPD tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala DKISP Banggai berharap agar implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dapat berjalan efektif sehingga hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas secara nyata dapat terpenuhi.

“Pada dasarnya, semua informasi tentang penyelenggaraan pemerintah adalah bersifat terbuka. Masyarakat dapat mengetahui seluas-luasnya informasi yang berkenaan dengan jalannya pemerintahan,” kata Lesmana.

Oleh sebab itu, Lesmana menekankan bahwa seluruh aparatur pemerintahan wajib memberikan pelayanan informasi yang cepat, tepat, dan sederhana. 

“Tidak hanya itu, PPID juga harus mampu memberikan pelayanan yang profesional dengan tetap menjaga integritas dan etika dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona melalui zoom meeting menyampaikan bahwa sampai saat ini Pemprov Sulteng terus berupaya meningkatkan nilai keterbukaan informasi publik di Sulawesi Tengah.

“Untuk pemerintah provinsi, 29,4 persen saja yang telah menjalankan peran sebagai lembaga informatif. Salah satu penyebabnya adalah masih berkembangnya pandangan yang keliru bahwa informasi publik adalah milik pemerintah,” ujar Sudaryano.

Sudaryano juga mendorong Pemda Banggai dan Pemda lainnya untuk meraih predikat “Kabupaten Informatif”. Keberadaan Banggai Command Center, kata Sudaryano, diharapkan dapat meningkatkan nilai keterbukaan informasi publik Kabupaten Banggai.

Hadir sebagai narasumber, Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah Abbas H.A. Rahim menyampaikan materi tentang optimalisasi peran PPID/PPID Pemerintah Daerah dalam pengelolaan dan pelayanan informasi publik dalam mewujudkan pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel.

Tim Liputan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini