×
Gubernur Sulteng
Gubernur Sulteng

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pj Bupati Richad Arnaldo Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Minggu, 27 Oktober 2024 | Oktober 27, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-28T05:41:08Z


TransSulteng-Parigi Moutong- Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo bertindak sebagai pemimpin upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 96. Bertempat di halaman Kantor Bupati Parigi Moutong. Senin (28/10/2024). 

Pada Kegiatan itu, Pj Bupati membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengatakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 ini berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengorkestrasi langkah bangsa indonesia mewujutkan target-target pembangunan.

Dikatakannya, harapan kepada pemuda untuk lebih berperan dalam pembangunan Nasional Indonesia adalah tepat adanya, karena pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan. hasil pencapaian hal ini dapat ditemu kenali dari capaian Indeks Pembangunan Pemuda atau IPP.

sebagai indicator kualitas kepemudaan pada tahun 2024 indeks pembangunan pemuda berada pada 56,33 persen, dengan rincian capaian domain pendidikan sebesar 70,00 persen, domain kesehatan dan kesejahteraan sebesar 65,00 persen, domain gender dan diskriminasi sebesar 53,33 persen. sementara itu domain lapangan dan kesempatan kerja sebesar 45,00 dan domain partisipasi sebesar 43,33 persen.

Masih menurutnya, capaian IPP tersebut perlu ditingkatkan dengan melakukan upaya mengembangkan potensi dan keunggulan pemuda secara besar besaran dan massive di seluruh wilayah indonesia. 

seluruh pemangku kepentingan pemerintah, masyarakat, dunia industri, perguruan tinggi, dan media harus bergerak secara sinergis, terpadu, holistic sehingga terbangun ekosistem pelayanan kepemudaan yang innovatif yang mendukung bertumbuh-kembangnya kepemudaan yang maju, berkarakter kebangsaan dan berdaya saing. oleh karena itu sungguh tepat, momentum peringatan hari sumpah tahun 2024 ini mengangkat tema Maju Bersama Indonesia Raya.

Lebih lanjut, peran itu diwujutkan dalam bentuk kebijakan dan program kepemudaan yang baik dan berkesinambungan, serta diwujutkan dalam bentuk Rencana Aksi Daerah (RAD) layanan kepemudaan yang berorientasi kepada peningkatan IPP yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing. 

"Oleh karena itu setiap upaya untuk memperbaiki kebijakan kepemudaan pada tingkat daerah patut mendapatkan penghargaan yang setinggi tingginya karena hal ini akan berdampak kepada perluasan cakupan dan jangkauan pelayanan kepemudaan semakin meluas hingga tidak ada satu orang pemuda yang tidak mendapatkan pelayanan," ungkapnya.

Pada momentum peringatan hari sumpah pemuda itu, Menteri Pemuda dan Olahraga RI menghimbau untuk bersama-sama melakukan berbagai macam langkah untuk mengembangkan potensi pemuda melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan innovasi pemuda indonesia dengan berbagai cara yang dapat dilakukan. 

Marilah kita bersama membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda indonesia untuk berpartipasi dalam seluruh dimensi pembangunan indonesia sesuai dengan kompetensi dan passion masing- masing. 

marilah kita perbaiki kepedulian kita kepada pemuda indonesia melalui perbaikan pelayanan kepemudaan, perbaikan tata-kelola pelayanan kepemudaan, dan dukungan sumber daya hingga kondisi kepemudaan indonesia menjadi lebih baik yang tercermin dengan kenaikan indeks pembangunan pemuda," imbuhnya.

Diakhir acara itu diisi dengan penyerahan hadiah  lomba menyanyi solo dan penerimaan Reward kepada Atlet dan penerimaan bantuan mesin jahit/kuliner serta  penerimaan santunan kematian dari BPJS ketenagakerjaan.

Sumber : Diskominfo parimo

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini