Notification

×
Gubernur Sulteng

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Nilai IKIP 2024 Meningkat, Provinsi Sulteng Raih Peringkat Empat Nasional

Kamis, 17 Oktober 2024 | Oktober 17, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-17T12:14:43Z


TransSulteng-Jakarta- Provinsi Sulawesi Tengah meraih pencapaian signifikan dalam Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) 2024, dengan menempati urutan keempat secara Nasional dari sebelas Provinsi yang dinilai berada dalam kategori situasi baik.

Pengumuman tersebut disampaikan dalam acara Launching Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) Tahun 2024 yang berlangsung di Hotel Pullman, Jakarta. Kamis, (17/10/2024).

Adapun nilai kenaikan capaian Indeks Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Sulawesi Tengah mengalami kenaikan sebesar 4,05 poin. Dari yang sebelumnya pada tahun 2023 sebesar 78,11 poin menjadi 82,16 poin pada tahun 2024. 

Capaian ini menunjukkan komitmen pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas informasi publik. Dengan implementasi berbagai kebijakan dan program yang mendukung keterbukaan informasi, provinsi ini telah berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pemerintahan.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah Abbas H. A. Rahim, menyampaikan rasa syukurnya karena Pemprov. Sulteng naik peringkat dari peringkat 11 di tahun 2023, menjadi peringkat 4 (empat) di tahun 2024 Nasional.

“Pencapaian ini adalah prestasi hasil kerja keras semua pihak yang terlibat dalam upaya peningkatan keterbukaan informasi berdasarkan UU No. 14 tahun 2008”, ucapnya.

Dalam laporan Launching IKIP 2024 tersebut, Sulawesi Tengah menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam akses dan kualitas informasi yang disediakan kepada publik yang terdiri dari Dimensi Politik, Dimensi Ekonomi dan Dimensi Hukum, hal tersebut tentunya mencerminkan langkah positif menuju pemerintahan yang lebih transparan.

Selaku Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah, Abbas H. A. Rahim berharap capaian ini dapat menjadi motivasi untuk terus berinovasi dalam melayani masyarakat dan mendorong budaya keterbukaan informasi di semua lapisan pemerintahan.

"Mudah-mudahan peringkat penilaian yang didapatkan tahun ini minimal bisa dipertahankan bahkan kita akan tingkatkan sampai bisa berada di posisi puncak nasional", harapnya.

Turut hadir ; Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro beserta Komisioner KI Pusat, Kepala Dinas Kominfo Daerah se-Indonesia, Ketua Komisi Informasi Daerah se-Indonesia, Perwakilan Kemenpolhukam, Bappenas dan Kemendagri.

Sumber : PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng


×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini