Notification

×
Gubernur Sulteng

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KIM Mamua Kembali Dorong Roda Informasi di Kecamatan Batui

Selasa, 15 Oktober 2024 | Oktober 15, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-16T03:01:27Z


TransSulteng-Banggai- Pemerintah Kecamatan Batui Menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Pembentukan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Desa/Kelurahan se-Kecamatan Batui Tahun 2024, pada Selasa (15/10/2024) di Aula Kantor Camat Batui.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan salah satu program inisiatif dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang bertujuan memberdayakan masyarakat dalam mengelola dan menyebarluaskan informasi secara mandiri. 

KIM merupakan wadah bagi masyarakat untuk mengakses, mengolah, dan mendistribusikan informasi yang bermanfaat, terutama di tingkat lokal, dengan tujuan meningkatkan literasi informasi di berbagai lapisan masyarakat.

Di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, terdapat 22 komunitas KIM yang telah terdaftar secara resmi di Kemkominfo. Salah satu komunitas tertua dan adalah KIM Mamua, yang berdiri sejak tahun 2011. 

Meski sempat mengalami masa vakum, ketua KIM Mamua, Moh Irfan, mengungkapkan bahwa dukungan dari pemerintah saat ini telah memungkinkan KIM Mamua untuk kembali aktif.

“Kami KIM pertama di Sulawesi Tengah dan berdiri secara independen, kemarin sempat vakum dan alhamdulilah pemerintahan tahun ini memberikan ruang begitu besar yang luar biasa mensupport kita,” ujar Moh Irfan. 

Sosialisasi diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari lurah, kepala desa, serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) dari 13 desa/kelurahan di Kecamatan Batui. 

Acara ini menghadirkan narasumber, yaitu Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai, Rastono S.Pd., M.Pd., serta Ketua KIM Mamua, Moh Irfan.

Sekdis KISP menegaskan pentingnya literasi informasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, "KIM hadir untuk mencerdaskan masyarakat dengan memperoleh informasi yang bermanfaat, pada intinya, mampu meningkatkan kesejahteraan kita," tutur Rastono di hadapan peserta.

Sosialisasi ini juga menjadi ajang dialog interaktif antara narasumber dan peserta, yang membahas bagaimana peran KIM dapat dioptimalkan, Peserta dari kelurahan/desa menambahkan bahwa siap berpartisipasi aktif dalam mendukung pengelolaan dan distribusi informasi di wilayah Kecamatan Batui.

Plt. Camat Batui, Abdul Hak B. Salam, S.Pd., MM juga menaruh harapan besar terhadap KIM sebagai salah satu elemen penting dalam bagi keberlanjutan pembangunan di Kecamatan Batui. 

"Seterusnya ke depan, siapapun yang bertugas, KIM ini merupakan corong kita, corong masyarakat, corong pemerintah untuk mendistribusikan informasi penting sehingga proses pembangunan di Kecamatan Batui terus berkelanjutan," ucap Abdul penuh harap.

Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini