×
Gubernur Sulteng

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ketua DPRD Banggai Resmi Dilantik Masa Bakti 2024-2029.

Rabu, 16 Oktober 2024 | Oktober 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-16T09:27:50Z


TransSulteng-Banggai – Pjs. Bupati Banggai Raziras Rahmadillah menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah pimpinan DPRD Kabupaten Banggai periode 2024-2029, Rabu (16/10/2024), di Gedung DPRD Banggai, Luwuk.

Pelantikan dan pengambilan sumpah yang digelar melalui rapat paripurna tersebut mengukuhkan Saripudin Tjatjo sebagai Ketua DPRD Banggai, Wardani Murad Husain dan I Putu Gumi sebagai Wakil Ketua DPRD. Ketiganya ditetapkan melalui Keputusan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 100.1.4.2/461/ro.pemotda/G.ST/2024.

Paripurna yang dipimpin oleh Ketua sementara DPRD Irwanto Kulap juga dihadiri oleh seluruh anggota DPRD Banggai periode 2024-2029, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Ramli Tongko, sejumlah pimpinan daerah, dan pejabat Forkopimda.

Prosesi pengambilan sumpah dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Luwuk I Made Aditya Nugraha. Dilanjutkan dengan penyerahan palu sidang dari ketua sementara kepada Ketua DPRD Saripudin Tjatjo.

Pada kesempatan itu, Pjs. Bupati Banggai mengatakan bahwa momentum pelantikan tersebut memiliki arti yang sangat strategis dalam mendukung kelancaran tugas dan fungsi DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah.

Ia mengajak semua pihak terus memperkuat kolaborasi dan sinergisitas antara eksekutif dan legislatif.

“Hanya dengan sinergi yang baik, kita dapat menjalankan roda pemerintahan secara konsisten sesuai dengan aturan hukum yang berlaku serta memastikan pembangunan di Kabupaten Banggai dapat berjalan dengan baik mengarah kepada kesejahteraan yang merata bagi seluruh masyarakat,” ujar Raziras.

Raziras tak lupa mengingatkan anggota DPRD agar memaksimalkan perannya dalam mengawasi pelaksanaan setiap tahapan Pilkada hingga terpilihnya kepala daerah.

“Selamat kepada bapak ibu yang telah dilantik sebagai ketua dan wakil ketua DPRD Kabupaten Banggai, semoga amanah yang diberikan ini dapat diemban dengan baik serta menjadi penggerak untuk membawa lembaga terhormat ini bersama pemerintah daerah menuju pencapaian yang lebih baik demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banggai,” ujar Raziras.

Dalam pidato perdananya, Ketua DPRD Saripudin Tjatjo mengatakan, sinergisitas dan kolaborasi kerja kolektif antara DPRD dan kepala daerah harus diarahkan secara positif untuk memberikan respons cepat dalam pemecahan persoalan-persoalan kerakyatan di tingkat lokal.

“Hal ini menjadi prioritas kami dalam membangun citra DPRD yang berkarakter tinggi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu diperlukan dukungan yang baik dari pemerintah daerah maupun seluruh lapisan masyarakat demi terciptanya tujuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banggai,” ujar Saripudin.

Saripudin juga mengingatkan kembali fungsi DPRD dalam pembentukan peraturan daerah, penyusunan anggaran, dan pengawasan.

“Anggota DPRD diharapkan memiliki kepekaan dan mampu menerjemahkan jiwa, hati, nurani masyarakat, sehingga dalam setiap upaya untuk menyalurkan aspirasi tersebut adalah sesuai dan tepat sasaran tanpa mengabaikan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” kata Saripudin.

Anggota DPRD, kata dia, harus memiliki kredibilitas dan menguasai setiap permasalahan yang muncul dan dapat memfasilitasi tindak lanjut penyelesaian bersama pemerintah daerah dalam pelaksanaan otonomi daerah. 

“Aspirasi dan peran masyarakat sangat diharapkan. Ini menunjukkan bahwa komitmen kerakyatan dalam penyelenggaraan pemerintah dan pemberdayaan begitu tinggi sesuai yang diisyaratkan UUD 1945 bahwa kedudukan berada di tangan rakyat sebagai ketentuan kehidupan demokrasi,” pungkasnya.

Tim Liputan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini