Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DKISP Banggai Gelar Bimbingan Teknis ITSA untuk Tingkatkan Keamanan SPBE

Selasa, 01 Oktober 2024 | Oktober 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-01T07:14:32Z


TransSulteng-Banggai- Dalam rangka peningkatan nilai Indeks Keamanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dilingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Banggai, Dinas Komunikasi, Infomatika, Statistik dan Persandian (DKISP) menggelar acara Bimbingan Teknis Informasi Technology Security Assessment (ITSA), pada Selasa (1/10/2024), di Hotel Santika Luwuk.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Pjs Bupati Banggai, Raziras Rahmadillah, S.STP., M.A., yang menekankan pentingnya penguatan keamanan siber untuk melindungi sistem pemerintahan berbasis teknologi dari berbagai ancaman.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah penting dalam rangka peningkatan pemahaman keterampilan dalam mengelola keamanan teknologi informasi.

"Bicara teknologi informasi, bicara security, bicara bagaimana kita dapat memahami pentingnya menjaga keamanan data, keamanan jaringan dsb," tutur Pjs Raziras.

Lanjutnya, ia berharap melalui bimtek ini semua peserta dapat tumbuh rasa peduli terhadap security atau keamanan data.

"Kabupaten Banggai sendiri memiliki komitmen yang kuat dalam memajukan digitalisasi diberbagai sektor. Namun, transformasi digital yang kita lakukan harus dibarengi dengan sistem keamanan yang memadai," jelas Pjs Bupati Banggai.

Ia menggarisbawahi, tanpa adanya keamanan yang kuat, inovasi dan perkembangan teknologi yang kita terapkan akan rentan terhadap berbagai ancaman yang dapat merugikan kita semua.

Pjs Bupati berharap para peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk memperkuat kompetensi dan keahlian di bidang keamanan informasi guna melindungi data pemerintahan.

Bimbingan teknis ini menghadirkan dua pemateri dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), yaitu Bapak Roybafih Sukisman, S.Tr.TP dan Bapak Muhammad Adib Nursumirat, S.Tr.Kom. 

Keduanya memberikan materi yang berfokus pada peningkatan keamanan SPBE, dengan topik yang akan dibawakan di antaranya adalah Pemahaman Audit Keamanan SPBE, Tahapan Pelaksanaan Audit Keamanan SPBE, dan Praktik Audit Keamanan SPBE.

Adapun yang menjadi peserta dalam kegiatan bimbingan teknis ini adalah para kepala perangkat daerah dan administrator pengelola layanan aplikasi dari berbagai instansi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai.

Mereka memiliki peran penting dalam pengelolaan dan pengamanan sistem teknologi informasi di masing-masing instansi, sehingga keikutsertaan mereka dalam pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat kemampuan mereka dalam menjaga keamanan data serta meningkatkan kualitas layanan berbasis elektronik.

Kepala DKISP Kabupaten Banggai, Lesmana Kulab, S.Kom berharap kegiatan ini dapat mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang lebih aman, efektif, dan efisien, serta meminimalkan potensi ancaman terhadap sistem pemerintahan berbasis elektronik yang digunakan di Kabupaten Banggai.

Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai.

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini