Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sekda Parimo Hadir Pencanangan Desa Cantik

Kamis, 12 September 2024 | September 12, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-12T11:37:00Z


TransSulteng-Parigi Moutong - Badan Pusat Statistik Kabupaten Parigi Moutong melaksanakan kegiatan Pencanangan dan Sosialisasi Program Desa CANTIK (Cinta Statistik) Desa Mertasari di Kantor Desa Mertasari Kecamatan Parigi. Kamis, (12/9/2024).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Parigi Moutong, Taufik, S.S.T., M.Si. dan dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Zulfinasran Achmad, S.STP., M.A.P. serta kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Parigi Moutong, Enang, S.Sos.

Desa Cantik merupakan Program percepatan (quick wins) implementasi pembinaan statistik sektoral oleh BPS yang berfokus kepada desa, melalui standardisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan data, optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik dalam pembangunan desa, serta peningkatan kesadaran dan peran aktif perangkat desa dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Adapun bentuk pembinaan yang dilakukan adalah terkait implementasi Prinsip Satu Data Indonesia, Pengolahan dan Analisis Data, dll. yang disesuaikan dengan kebutuhan desa.

Program desa cantik ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2021 dimana terdapat 100 Desa Cantik yang menjadi target pembinaan statistik secara nasional. Karena adanya antusias yang tinggi dari Pemerintah Daerah/Desa, terdapat 171 Desa Cantik tambahan yang diusulkan dan juga dilakukan pembinaan.

Pada tahun 2024 ini tujuan utama dari Program Pembinaan Desa Cantik meliputi:

1. Meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik;

2. Standardisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik;

3. Optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran;

4. Membentuk agen-agen statistik pada level desa/kelurahan.

Sumber : BPS Parigi di Publis Diskominfo Kabupaten Parigi Moutong.

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini