Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemda Uji Kelayakan Publik ,1 Penyusunan KLHS RPJMD Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2025-2029

Senin, 09 September 2024 | September 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-10T05:44:58Z


TransSulteng-Parigi Moutong- Pj Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo yang di wakili oleh Asisten ll Mawardin membuka secara resmi kegiatan Konsultasi Publik l penyusunan pada Penyusunan Kinerja Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2025-2029, bertempat di Hotel Anutapura. Selasa (10/10/2024)

Pj Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo diwakili oleh Asisten ll Perekonomian dan Pembangunan sekretariat daerah kabupaten parigi moutong mawardin, dalam sambutanya  menyampaikan tujuan pembangunan berkelanjutan diposisikan sebagai sebuah instrument pembangunan yang pelaksanaannya selaras dengan prioritas nasional dan daerah. hal ini sebagai bentuk domestifikasi tujuan pembangunan berkelanjutan, pemerintah menetapkan Peraturan Presiden Nomor 59 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (tpb). 

"Peraturan presiden menegaskan sasaran nasional periode tahun 2017 sampai tahun 2019 dalam rpjmn 2015-2019 yang selaras dengan tpb. implementasi tpb ini bertujuan untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya." lanjutnya.

Dijelaskannya, rencana pembangunan jangka menengah daerah kabupaten parigi moutong tahun 2025 - 2029 merupakan dokumen perencanaan yang substansinya memuat visi, misi dan arah pembangunan daerah serta merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. penyusunannya dilakukan secara terencana, bertahap dan sistematis yang didasarkan pada kondisi, potensi, proyeksi sesuai kebutuhan kota dalam kurun waktu 5 tahun.

"Dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (tpb), sebagian besar berhubungan erat dengan konsep daya tampung lingkungan carrying capacity of environment (d3tlh) jasa ekosistem, misalnya air bersih dan sanitasi dan ini di support ke beradaan enam data d3tlh, serta terdapat sembilan jenis analisis d3tlh yang memiliki kontribusi dominan dalam mewujudkan tujuan tpb pelestarian dan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem darat. diantara 17 tpb beserta target-target didalamnya dapat dikelompokan menjadi dua yaitu tpb yang memiliki hubungan dengan d3tlh dan tpb yang tidak memiliki hubungan dengan d3tlh."tegasnya.

Masih pada kesempatan yang sama beliau juga menjelaskan tujuan dan objek yaitu :

- mengintegrasikan pertimbangan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan melalui penyusunan kebijakan, rencana, program;

- menjamin agar penyusunan kebijakan, rencana, program dirumuskan  berdasarkan pertimbangan pembangunan berkelanjutan;

- membangun wahana sinergi dan kerjasama berbagai kepentingan sektoral dan kewilayahan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

" Saya berharap khususnya kepada para tim, baik tim kelompok kerja penyusunan klhs rpjmd dan tenaga ahli untuk dapat bersama-sama menyelesaikan progres penyusunan klhs rpjmd sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan."ujar Mawardin.

Beliau menutup sambutanya dengan mengatakan kepada dinas lingkungan hidup kabupaten parigi moutong agar segera menyiapkan kelengkapan administrasi dan instrument-instrument yang dibutuhkan dalam penyusunan klhs rpjmd inimengingat proses pemilihan kepala daerah akan segera berlangsung maka proses penyelesaian rpjmd dilakukan paling lambat 6 bulan sejak penetapan kepala daerah terpilih. 

SUMBER : Dinas Kominfo Parimo /NR, RA

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini