Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hadiri Ground Breaking PT. Neo Energy, Gubernur : Terobosan Pembangunan Sulteng Berkelanjutan

Sabtu, 14 September 2024 | September 14, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-15T03:00:12Z


TransSulteng-Morowali- Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura menghadiri Ground Breaking   atau Peletakan Batu Pertama pembangunan PT.  Kawasan Neo Energy Morowali Industrial Estate (NEMIE), di Desa Buleleng, Kecamatan Bungku Pesisir. Sabtu, (14/9/2024). 

Ground breaking ini juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) RI Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Presiden/Komisaris Neo Energy Joseph Hong, para Kepala Perangkat Daerah lingkup Provinsi Sulteng, Ketua FKUB Provinsi Sulawesi Tengah, Forkopimda Morowali, jajaran dewan direksi Neo Energy, Pemerintah Kecamatan Bungku Pesisir, Pemerintah Desa Buleleng, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan stakeholder terkait lainnya. 

Dalam sambutannya Gubernur Rusdy Mastura mengatakan, pembangunan ini merupakan momentum penting dan langkah besar yang akan membawa dampak signifikan bagi perekonomian Sulawesi Tengah dan Morowali serta industri nasional dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekitar  berbasis hilirisasi dan ramah lingkungan.

"Saya sangat bergembira dan bangga terhadap pembangunan industri dengan teknologi ramah lingkungan ini, sebagai terobosan bagi pembangunan  industri berkelanjutan di Sulawesi Tengah", 

Lanjut Rusdy Mastura mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah juga mendukung  penuh investasi dan pembangunan industri di daerah ini dengan memastikan bahwa setiap aliran investasi yang masuk harus berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta ramah lingkungan. 

Ia pun mengajak seluruh pihak terkait untuk membangun hubungan komunikasi dan kerjasama yang baik antara pemerintah, perusahaan, Perguruan tinggi dan masyarakat lokal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Mantan Walikota Palu dua periode itu mengajak agar seluruh pihak bersatu, bersinergi dan berkolaborasi untuk menjadikan industri sebagai tonggak membangun peradaban bangsa menuju cita-cita indonesia emas 2045 yang bermula dari Negeri Seribu Megalit provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengapresiasi pembangunan industri baru ini di Sulawesi Tengah. Pembangunan kawasan industri ini merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dari 14 PSN yang ada di Indonesia.

Airlangga juga mengatakan bahwa NEMIE merupakan kawasan industri pertama yang dikelola dengan konsep Green Energy. 

Lanjut Menko Airlangga juga mengungkapkan bahwa Provinsi Sulawesi Tengah merupakan provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Indonesia. 

"Pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Tengah 2 digit dari pertumbuhan ekonomi nasional dan berada hampir 11,91 persen. Artinya sektor industri  menopang pertumbuhan ekonomi. Patut kita memberikan apresiasi kepada Gubernur", ujar Menko Perekonomian disambut tepuk tangan tamu undangan. 

Disela-sela sambutannya, Menko juga memberikan apresiasi pembangunan infrastruktur jalan Provinsi yang sangat baik jika di bandingkan dengan Provinsi lainya di Indonesia.

"Saya menyusuri jalan yang ada di Morowali dan jalan-jalan Provinsi di Sulawesi Tengah, ini berbeda dengan jalan-jalan di Provinsi lainnya, jalan disini relatif baik, saya mengapresiasi pemerintah Sulawesi Tengah", ujarnya 

Diakhir sambutannya, Menko Airlangga berharap, industri ini bisa segera berproduksi dan morowali tetap tumbuh sebagai salah satu pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Indonesia. Selain itu, dengan adanya kolaborasi ini bisa diharapkan menunjang perkembangan industri untuk transisi dari energi fosil menjadi new energy. 

Sumber : PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng 

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini