Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Diskominfosantik Sulteng Gelar Bimtek Sistem Informasi Arsitektur SPBE

Rabu, 18 September 2024 | September 18, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-18T09:41:05Z


TransSulteng-Palu- Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Sulteng melalui Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Arsitektur (SIA) Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) se-Sulawesi Tengah. Bertempat, di Hotel Best Western Coco Palu. Rabu, (18/9/2024)

Bimtek ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Kepala Dinas Kominfosantik Sudaryano R. Lamangkona dan didampingi Sekretaris Diskominfosantik Provinsi Sulteng Aswin Saudo, narasumber dari Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE Hamzah Fansuri dan Iksan Ramadhan. 

Pada kesempatan itu, Kadis Kominfosantik Sudaryano membacakan sambutan Gubernur mengatakan, arsitektur dan peta rencana sistem SPBE merupakan dasar untuk mempercepat keterpaduan penerapan SPBE di tingkat instansi pusat, pemda, maupun nasional dalam penyusunan rencana dan anggaran, pelaksanaan pembangunan dan pengembangan SPBE. 

Hal tersebut kata Sudaryano, tertuang dalam Surat Edaran Menteri PANRB No. 18 Tahun 2022 tentang Keterpaduan Layanan Digital Nasional melalui Penerapan Arsitektur SPBE dan Peta Rencana SPBE.

"Bimtek ini dimaksudkan untuk dapat menjadi landasan penting dalam penyusunan arsitektur SPBE pada aplikasi SIA", ungkap Sudaryano

Olehnya, ia mengajak seluruh perangkat daerah Provinsi maupun Kabupaten dan Kota untuk berkolaborasi dalam  mewujudkan pemerintahan yang efisien, transparan dan responsif guna mewujudkan visi SPBE, yaitu ; "Terwujudnya sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu dan menyeluruh untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi".

Untuk itu, melalui Kadis Kominfosantik Gubernur berharap, kegiatan ini dapat mendukung tercapainya keterpaduan layanan digital nasional melalui penyusunan Arsitektur SPBE pada setiap Instansi Pemerintah Daerah khususnya di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

"Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Narasumber dari KemenPAN RB yang telah berkenan hadir memberikan Bimtek dan berbagi pengetahuan secara langsung di Provinsi Sulawesi Tengah, peserta dan panitia Bimtek yang berpartisipasi dalam kegiatan ini", sebut Kadis Kominfosantik menutup sambutannya 

Sebelumnya, Kepala Bidang Aptika Diskominfosantik Wahyu Agus Pratama menjelaskan bahwa Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang penginputan Arsitektur SPBE sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No. 132 tahun 2022 melalui aplikasi Sistem iInformasi Arsitektur (SIA) SPBE.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta bimtek dan panitia yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini", ucap Wahyu Agus dalam laporanya 

Dijelaskannya juga, peserta dari kegiatan ini yakni ; pejabat administrator Diskominfosantik Kabupaten dan Kota se-Sulteng, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Kabupaten/Kota se-Sulteng, Admin Pengelola SPBE, Operator SIA SPBE Kabupaten/Kota se-Sulteng. 

Sumber : PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini