Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Amirudin Sambut Hangat Tradisi Pengantaran Pandanga dari Masyarakat Adat Mian Nu Nambo

Kamis, 19 September 2024 | September 19, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-19T18:19:45Z

 

TransSulteng-Banggai - Dalam rangka ucapan syukur dan ucapan penghormatan, Masyarakat Adat Mian Nu Nambo menggelar Pengantaran Pandanga kepada Bupati Banggai, Ir. Amirudin, MM., AIFO dan Wakil Bupati Banggai, Drs. Furqanuddin Masulili, pada Kamis (19/9/2024), bertempat di Rumah Jabatan Bupati Banggai, Kecamatan Luwuk Selatan.

Pengantaran Pandanga ini menjadi salah satu tradisi budaya masyarakat adat Mian Nu Nambo sebagai wujud syukur kepada Allah SWT yang Maha Esa.

Camat Nambo, Zubhan Ahmad, S.Sos mengatakan, Pandanga ini juga sebagai ucapan penghormatan tertinggi sekaligus sebagai ucapan terima kasih masyarakat adat Mian Nu Nambo kepada Pimpinan Daerah Kabupaten Banggai. 

"Dimana waktu pelaksanaan tradisi budaya Pandanga hanya bisa dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW," jelas Camat Nambo.

Bupati Amirudin dengan penuh kehangatan menyambut kedatangan rombongan adat yang membawa simbol-simbol penghormatan.

Sebagai pimpinan daerah, Bupati Amirudin mengungkapkan rasa terima kasihnya atas penghormatan yang diberikan serta mengapresiasi masyarakat adat yang terus melestarikan budaya tersebut.

"Alhamdulillah sore hari ini bapak ibu semua telah melaksanakan kegiatan adat yakni pengantaran Pandanga yang ada di Kecamatan Nambo," tutur Bupati Amirudin.

Lanjutnya, Pandanga yang hari ini diantar merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas rezeki yang diberikan selama ini.

"Muda-mudahan Pandanga yang diberikan kepada kami dapat bermanfaat dan insya Allah dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT," ucap Bupati Amirudin.

Dalam acara ini, para tokoh adat, pemuka masyarakat, serta warga setempat turut menyaksikan prosesi yang berlangsung khidmat.

Tradisi Pengantaran Pandanga bukan hanya sekedar simbol, tetapi juga mencerminkan komitmen masyarakat adat dalam mendukung pemerintahan setempat dan menjaga kelestarian budaya di wilayah Banggai.

Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai.

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini