Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wabup Furqanuddin Pimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024

Rabu, 14 Agustus 2024 | Agustus 14, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-14T23:48:05Z




TransSulteng-Banggai - Pada Rabu pagi (14/8/2024), Wakil Bupati Banggai, Drs. Furqanuddin Masulili memimpin jalannya Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 yang dilaksanakan di MAN 1 Banggai. Acara ini dihadiri oleh para anggota Pramuka, pelajar, serta tenaga pendidik dan staf dari sekolah tersebut.

Dalam pidato Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Waseso yang dibacakan oleh Wabup Furqanuddin menyampaikan bahwa gerakan pramuka telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda.

"Selalu menjadi garda terdepan untuk bembentuk anggota pramuka yang berjiwa pancasila serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tuturnya.

Sebagaimana yang telah ditegaskan pada tema Hari Pramuka ke-63 ini yaitu "Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI".

"Gerakan Pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill, serta dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF yaitu kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial, Imtelektual, dan Fisik yang menjadi postur ideal seorang Pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia," jelasnya.

Gerakan Pramuka realitanya tidak hanya sekedar menangani character building tetapi juga berperan aktif pada bidang lainnya seperti pengabdian masyarakat yang diantaranya melakukan perbantuan berbagai kebencanaan, terlibat pada tim Search And Rescue (SAR), melaksanakan kegiatan Bakti seperti bedah rumah di berbagai penjuru tanah air.

Tidak hanya itu, Gerakan Pramuka aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan seperti penanaman pohon, pembersihan fasilitas umum, pembersihan sarana ibadah dan sosialitas hemat energi.

"Selain itu, Gerakan Pramuka juga telah melakukan adaptasi teknologi, turut andil dalam mewujudkan ketahanan pangan dengan membuat Sekolah Pertanian Terpadu yang bekerja sama dengan Food and Agriculture Organization (FAO)," ujarnya.

Gerakan Pramuka terus melakukan transformasi kurikulum agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman saat ini dan pada masa yang akan datang.

"Karena kami sangat yakin SDM yang dipersiapkan oleh Gerakan Pramuka merupakan SDM yang berjiwa Pancasila karena dididik dengan Fundamental Value Transformation Gerakan Pramuka yaitu pengalaman Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka," ucapnya.

Peringatan Hari Pramuka di Banggai tahun ini diharapkan dapat terus menginspirasi generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah, sekaligus menjaga semangat persatuan dan gotong royong yang telah menjadi ciri khas Gerakan Pramuka sejak berdirinya.

Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini