Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rayakan HUT RI Ke 79, Pemuda Kec. Parigi Utara Arak Bendera Raksasa Sejauh 17 Kilometer

Sabtu, 17 Agustus 2024 | Agustus 17, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-18T03:36:01Z


TransSulteng-Parigi Moutong - Seluruh organisasi kepemudaan di Kecamatan Parigi Utara, didukung Pemerintah Kecamatan Parigi Utara, Kabupaten Parigi Moutong berkumpul bersama mengarak Bendera Merah Putih Raksasa sepanjang 45 Meter dengan berjalan kaki sejauh 17 Kilometer.

Massa membawa bendera Merah Putih Raksasa tersebut dilepas secara langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo di halaman Kantor Bupati Parigi Moutong, sebagai titik awal seremoni pemberangkatan. Sabtu (17/8/2024).  

Kemudian,mereka berjalan kaki menuju lokasi Eks Sail Tomini, Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, untuk melaksanakan Pengibaran Bendera Merah Putih. Lalu mereka melanjutkan kirab berjalan kaki menuju Kantor Camat Parigi Utara.

Selain itu,Antusiasme masyarakat sangat terlihat di kawasan perempatan Desa Toboli, massa membawa bendera disambut sorak dan tepuk tangan warga yang telah menunggu bersama Camat Parigi Utara beserta jajarannya, sejumlah Kepala Desa, tokoh adat setempat dan tokoh masyarakat lainnya. Saat itu suasana penuh semangat kebangsaan sangat terlihat.

Ketua Perayaan Hari Besar Negara Indonesia (PHBNI) Kecamatan Parigi Utara, Taufan Muhammad, mengatakan Kirab bendera raksasa itu dilakukan tidak sekedar memeriahkan HUT RI, tetapi juga untuk membangkitkan semangat Nasionalisme anak-anak muda khususnya di Kecamatan Parigi Utara dan pada umumnya di Kabupaten Parigi Moutong, ujarnya.

Di katakan,Taufan Muhammad juga mengatakan,setiap daerah pasti memiliki cerita dan makna historis yang mendalam tentang perjuangan kemerdekaan. Kirab bendera raksasa dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Kayu Bura di tanggal 17 Agustus merupakan momentum yang tepat untuk mengenang kembali tempat dimana Bendera Merah Putih untuk pertama kalinya di kibarkan diwilayah Kabupaten Parigi Moutong.

"Sejarah ini yang coba kita perkenalkan kembali dengan Masyarakat Parigi Moutong khusunya para generasi muda," jelasnya.

Sumber : Diskominfo parimo (Ical/nofri)

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini