Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pj. Bupati Richard Arnaldo Hadir Pertemuan Penyajian Informasi SDMK Tenaga Kesehatan Lintas Sektor Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

Rabu, 21 Agustus 2024 | Agustus 21, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-21T12:47:48Z


TransSulteng-Pj. Bupati Parigi Moutong - Richard Arnaldo, menghadiri pertemuan Penyajian Informasi SDMK Tenaga Kesehatan Lintas Sektor Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah bertempat di Hotel Aston, Rabu, (21/8/2024).

Acara tersebut di buka oleh Sekretaris Daerah Prov. Sulawesi Tengah Dra. Novalina, mewakili Gubernur Sulawesi Tengah.

Di katakanya,Sebanyak 5,94% Puskesmas di Sulteng tidak memiliki dokter umum, sementara dari 26 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) baru 8 rumah sakit yang dilengkapi dengan tujuh jenis layanan dokter spesialis dasar.

"Tiap tahun kurang lebih 200 dokter sudah dihasilkan dari 2 Universitas dan agak bertolak belakang mengapa ada puskesmas yang tidak mempunyai dokter umum" ujarnya.

Sekdaprov berharap semoga ada terobosan dari Kabupaten/Kota untuk menarik minat para dokter agar mau ditempatkan pada daerah-daerah terluar.

"Harus dipikirkan fasilitas apa yang harus disediakan termasuk insenyif agar dokter-dokter tertarik ditempatkan di faskes-faskes yang dekat dengan masyarakat kita" tambahnya.

Ditempat yang sama Pj. Bupati mengatakan transformasi SDM kesehatan berfokus untuk memastikan pemerataan distribusi para tenaga kesehatan diwilayah Kabupaten Parigi Moutong. 

“Seiring semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka upaya mewujudkan transformasi kesehatan perlu didukung dengan sumber daya kesehatan, khususnya tenaga kesehatan yang memadai, baik kualitas, kuantitas, maupun penyebarannya,” ujar Pj. Bupati.

Menurut Pj. Bupati disribusi tenaga Kesehatan wilayah parigi moutong belum merata di seluruh fasyankes. Secara keseluruhan jumlah puskesmas per 21 Agustus 2024 (SIDMK) sebanyak 24 puskesmas, semua Puskesmas telah memiliki  dokter (100%) dan Puskesmas Belum Lengkap 9 jenis Nakes (Dokter, Dokter Gigi, Perawat, Bidan, Kesmas, Farmasi, Gizi, Kesling, dan ATLM) Sebanyak 10 Puskesmas (42%)” terangnya.

“Demikian pula jumlah RSUD ada sebanyak 3 RSUD dan belum lengkap jenis dokter spesialis (Sp.A, Sp.OG, Sp.B, Sp.PD, Sp.An, Sp.Rad, dan Sp.PK) sebanyak 2 RSUD (67%),” tambahnya

Kegiatan berlangsung selama 2 hari mulai tgl 21 sampai 22 Aguatus 2024.

SUMBER : diskominfo Parigi Moutong 

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini