Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pj Bupati Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas Lompe Ntodea

Rabu, 14 Agustus 2024 | Agustus 14, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-16T17:24:06Z


TransSulteng-Parigi  Moutong- Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo melakukan peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas Lompe Ntodea dan Puskesmas Sausu yang di pusatkan di Lokasi Pembangunan Puskesmas Lompe Ntodea Desa Baliara, Kecamatan Parigi Barat, Kamis (15/8/2024).

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengatakan pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan seluruh komponen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumberdaya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Menurut Pj Bupati, sesuai target Kementerian Kesehatan, Puskesmas harus didirikan disetiap Kecamatan dan memenuhi persyaratan lokasi, bangunan, prasarana, peralatan, Kesehatan, ketenangan, kefarmasian dan laboratorium sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 43 Tahun 2019.

"Dalam rangka peningkatan pelayanan dengan memandang kondisi geografis dan kebutuhan masyarakat Parigi Barat, telah kita bangun Puskesmas Lompe Ntodea pada tahun 2012 adapun pembangunan Puskesmas baru ini, dengan alasan bahwa lokasi Puskesmas sekarang tidak memadai untuk design Puskesmas baru yang sesuai standar," ungkapnya.

Pj Bupati menjelaskan, dalam meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas pada kedua Puskesmas tersebut, akan dibangun menggunakan design prototype yang merupakan design standar untuk semua Puskesmas, hanya saja ada perbedaan design antara Puskesmas rawat inap  maupun Puskesmas rawat jalan.

Untuk itu, Pj Bupati berharap progres pembangunan sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan dan segala fasilitas pendukungnya agar segera dilengkapi, sehingga kecepatan dan ketepatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat dapat terpenuhi.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong, I Gede Widiada dalam laporannya mengatakan berdasarkan hasil pembahasan dan penilaian usulan pembangunan sarana dan penyedia prasarana untuk Puskesmas yang bersumber dari Angaran DAK Fisik Kabupaten Parigi Moutong pada tahun 2024 mendapatkan alokasi anggaran untuk pembangunan sarana Puskesmas yang meliput pembangunan baru Gedung Puskesmas (berdasarkan prototipe) yang terdiri dari pembangunan gedung Puskesmas Lompe Ntodea (Non Rawat Inap) di Kecamatan Parigi Barat dan pembangunan gedung Puskesmas Sausu (Rawat Inap) di Kecamatan Sausu.

"Kabupaten Parigi Moutong juga mendapat alokasi Anggaran DAK Fisik untuk pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) yakni Pustu Malakosa di Kecamatan Balinggi, dengan total alokasi dana DAK Fisik pembangunan sarana Puskesmas sebesar Rp. 18.818.271.948," ungkapnya.

Sumber : Dinas kominfo Parimo  (Ichal)

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini