Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kebijakan Berbasis Riset, Bupati Amirudin Buka Bimbingan Teknis Penyusunan Policy Brief

Kamis, 22 Agustus 2024 | Agustus 22, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-22T15:09:10Z


TransSulteng-Banggai- Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO secara resmi membuka Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Policy Brief sebagai upaya penguatan kebijakan berbasis riset di Kabupaten Banggai, Kamis (22/8/2024) di Ruang Rapat Khusus Kantor Bupati Banggai. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program "BRIDA Training Camp" yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Banggai sebagai salah satu layanan inovasi berbasis teknologi digital yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang riset dan kebijakan. 

Acara ini Dilaksanakan secara virtual dan tatap muka oleh berbagai elemen penting di Kabupaten Banggai, termasuk para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala bagian, analis kebijakan, lembaga pendidikan, serta sekretaris kecamatan, kelurahan, dan desa. 

Bupati Amirudin menekankan pentingnya keterlibatan aktif para peserta, serta memastikan bahwa setiap rekomendasi kebijakan yang dihasilkan melalui kegiatan ini memiliki dasar yang kuat. 

“Saya berharap kepada peserta untuk mengikuti kegiatan ini dan memberikan masukan, terutama analis kebijakan utama kita, sehingga informasi-informasi terhadap dokumen berisi secara lengkap dan rekomendasi kebijakan tidak akan salah,” jelas Amirudin. 

Senada dengan itu, Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Oetami Dewi, menegaskan bahwa policy brief merupakan instrumen yang sangat strategis dalam pengambilan keputusan. 

“Policy brief ini memang suatu instrumen yang sangat strategis dalam pengambilan keputusan, melalui dokumen ini kita dapat menyajikan analisis yang panjang serta rekomendasi kebijakan yang relevan juga dapat dipertanggungjawabkan bagi pembuat kebijakan,” kata Oetami Dewi.

Narasumber bimbingan teknis dari sejumlah ahli kebijakan yaitu Adhi Putranto dan M. Zulhamdani, keduanya merupakan analis kebijakan Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta Dr. Ir. Anshar Maita, M.M., analis kebijakan Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai.

Di katakan ,Dalam pertemuan ini, peserta akan berusaha memahami sistematika penulisan policy brief, mulai dari pengumpulan data, penelusuran referensi, hingga penyusunan rekomendasi kebijakan dan kemampuan politis dalam pengambilan keputusan. 

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum penting bagi peningkatan kualitas kebijakan publik yang berbasis riset di Kabupaten Banggai, serta memperkuat kolaborasi antara para pemangku kepentingan, baik di tingkat pusat maupun daerah,sebutnya.

Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai(SD).

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini