Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kasrem 132/Tdl Pimpin Apel Pembukaan Latihan Lapangan Penanggulangan Bencana Alam Kodim 1307/Poso Tahun 2024

Senin, 26 Agustus 2024 | Agustus 26, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-26T09:14:38Z


TransSulteng-Poso– Latihan Lapangan Penanggulangan Bencana Alam Kodim 1307/Poso Tahun 2024 resmi dibuka hari ini yang dipimpin oleh Kepala Staf Korem 132/Tdl, Kolonel Inf. Anthonius Totok Chrishardjoko, S.I.P. yang berlangsung di Lapangan Desa Watuawu, Kec. Lage, Kab. Poso, Senin (26/8/2024).

Dalam Kegiatan ini mengusung tema: “Kodim 1307/Poso Korem 132/Tdl Melaksanakan Tugas Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Dalam Menanggulangi Terjadinya Bencana Alam, Banjir, dan Tanah Longsor”.

Kasrem 132/Tdl, Kolonel Inf Anthonius Totok Chrishardjoko dalam amanatnya, menekankan bahwa Kodim 1307/Poso, sebagai satuan kewilayahan, memiliki peran krusial dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), terutama dalam melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam. 

“Situasi bencana alam harus diperhatikan dengan serius. Setiap prajurit Kodim 1307/Poso, khususnya unsur pimpinan dan staf, harus memiliki pemahaman dan kemampuan yang mumpuni dalam menganalisa, merencanakan, serta mengkoordinasikan upaya penanggulangan bencana dengan baik kepada pemerintah daerah, Polri, dan instansi terkait lainnya,” ujarnya.

Selain itu, Latihan Lapangan ini bertujuan untuk menitikberatkan aplikasi mekanisme prosedur hubungan antara komandan dan staf dalam merencanakan serta melaksanakan operasi militer selain perang, dengan fokus pada peningkatan kemampuan dan profesionalisme prajurit. 

Latihan ini mencakup pelaksanaan koordinasi dengan instansi terkait, penyelenggaraan fungsi Binter, serta upaya-upaya dalam menghadapi dan mengatasi bencana alam. 

Lebih lanjut Kasrem menyampaikan bahwa latihan ini sangat penting untuk memastikan bahwa setiap prajurit dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dengan baik dan menghadapi dinamika yang terjadi di wilayahnya. 

“untuk itu Kami berharap semua peserta latihan melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.”pintanya.

Beliau juga menegaskan pentingnya faktor keamanan dan efisiensi dalam setiap tahap kegiatan—mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan, hingga pengakhiran. 

“Usahakan agar semua rencana kegiatan dapat berjalan tepat waktu dan mencapai sasaran yang diharapkan. Hal ini tidak hanya akan memastikan keberhasilan latihan tetapi juga memberikan nilai tambah bagi peningkatan profesionalisme prajurit,” tutup Kolonel Inf Anthonius.

Apel pembukaan ini dihadiri oleh berbagai pejabat terkait dan diikuti oleh sekitar 250 peserta yang berasal dari berbagai unsur, termasuk Tim Wasdal, Kodim 1307/Poso, Yonif 714/SM, Polres Poso, OPD Kab. Poso, Pol PP, Dishub Poso, Relawan, dan Pramuka. Latihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan efektivitas Kodim 1307/Poso dalam melaksanakan tugas-tugas bantuan penanggulangan bencana di wilayah Poso (Penrem_132/Sd).

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini