Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kemana Arah Gerindra di Pilkada Morowali 2024?

Minggu, 21 Juli 2024 | Juli 21, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-21T08:53:49Z


TransSulteng
- Morowali - Tahapan dalam Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Morowali 2024 semakin dekat. Isu figur yang akan menjadi kontestan dalam pertarungan pucuk pimpinan daerah Mega Tambang itu pun semakin hangat diperbincangkan.


Empat nama muncul sebagai figur yang berpotensi untuk maju sebagai Calon Bupati Morowali 2024 yang akan digelar pada November 2024 nanti. Nama-nama tersebut yakni Iksan, Taslim, Rachmansyah Ismail dan Kuswandi.


Terlepas dari empat figur tersebut, partai pengusung menjadi kunci berapa pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju bertarung. Klaim usungan partai pengusung menjadi salah satu isu hangat yang menjadi topik pembicaraan di beberapa kelompok masyarakat.


Salah satu partai yang menarik perhatian publik yakni Partai Gerindra. Kemana arah partai pemenang pilpres itu untuk Pilkada Morowali 2024? 


Untuk diketahui, Partai Gerindra selalu menjadi kompetitor dominasi Partai Demokrat dan Partai Nasdem dalam perhelatan Pilkada di Morowali dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Langkah Partai yang berhasil meraih perolehan suara terbanyak ke dua pada Pemilu Legislatif di Morowali beberapa waktu lalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu, apakah tetap konsisten menjadi kompetitor dua kekuatan besar atau berkoalisi dengan salah satu partai, Demokrat atau Nasdem.


Saat berbincang dengan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Gerindra Morowali, Giri Modjo kepada media ini mengungkapkan bahwa Partai Gerindra masih menunggu keputusan DPP Partai Gerindra terkait dengan pengusungan Calon Bupati dan Wakil Bupati Morowali pada Pilkada 2024.


Pria yang akrab disapa Giri itu menjelaskan bahwa Partai Gerindra mewajibkan kepada Kader Partai untuk maju di Pilkada, baik sebagai Calon Bupati ataupun Calon Wakil Bupati. Dengan dasar tersebut, DPC Partai Gerindra Morowali mengajukan nama Asgar Ali sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Morowali yang direkomendasikan ke DPD Partai Gerindra Sulawesi Tengah dan kemudian berlanjut ke DPP Partai Gerindra.


Terkait dengan figur Calon Bupati Morowali yang bakal diusung Partai Gerindra, Giri menegaskan bahwa ada dua nama yang diajukan sampai ke DPP, yakni Iksan dan Taslim.


"Untuk Pilkada Morowali, Calon Bupati yang mengikuti mekanisme pendaftaran partai hanya dua, Iksan dan Taslim," tegasnya.


Lanjut Giri, berdasarkan petunjuk teknis (juknis) sesuai mekanisme partai, calon yang bakal diusung oleh Partai Gerindra adalah yang telah mengikuti mekanisme dari bawah, mulai dari pendaftaran di DPC, kemudian dibawa ke DPD dan berlanjut sampai ke DPP.


Dengan dasar-dasar tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa Calon Bupati Morowali 2024 yang berpeluang mendapat usungan Partai Gerindra adalah Iksan dan Taslim.


Iksan yang muncul sebagai figur yang berpotensi memecah dominasi kekuatan politik besar di Morowali sangat berpeluang mendapatkan dukungan Partai Gerindra, sementara Taslim sebagai Kader Partai Nasdem yang maju bertarung untuk periode ke 2 ini juga berpeluang untuk mendapatkan dukungan Partai Gerindra. Namun hal itu bisa terjadi jika Partai Gerindra menentukan sikap keluar dari zona oposisi dan berkoalisi dengan Partai Nasdem di Morowali. (DK)

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini