Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kasiter 132/Tdl Hadiri Pembukaan Focus Group Discussion Selat Makassar Summit 2024

Selasa, 23 Juli 2024 | Juli 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-24T03:01:41Z


TransSulteng
- Palu - Mewakili Komandan Korem 132/Tdl, Kepala Seksi Teritorial Korem 132/Tdl Letkol Inf Ari Bayu Saputro, S.Sos., hadiri pembukaan kegiatan Focus Group Discussion Selat Makassar Summit 2024 di Sutan Raja Hotel, Jl. Dr. Abdurahman Saleh No.45, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan, Selasa (23/07/2024). 

Acara ini mengusung tema "Membangun Kerjasama Pemerintah Antar Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Sulawesi Tengah di Kawasan Selat Makassar sebagai Wujud Dukungan Terhadap Ibu Kota Nusantara (IKN)".

Di katakan,Dalam sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Sulawesi Tengah Dra. Novalina, MM, beliau menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan acara ini sebagai langkah untuk meningkatkan pusat pertumbuhan laut yang efektif, berdaya saing, dan ramah lingkungan di kawasan Selat Makassar.

Di jelaskan,Selat Makassar, yang masuk dalam kawasan antarwilayah lima provinsi yaitu Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan, diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2020 tentang Rencana Zonasi Kawasan Antarwilayah Selat Makassar. 

Selain itu,Focus Group Discussion ini merupakan bagian penting dari pelaksanaan Selat Makassar Summit 2024, bertujuan untuk menyatukan persepsi dan menunjukkan keseriusan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah summit tersebut. 

Untuk itu,Prinsip dasar pengembangan kawasan Selat Makassar memadukan konsep pembangunan kemaritiman, yaitu industrialisasi sebagai pintu investasi, sinergitas dan kolaborasi antar pemerintah daerah dan pusat, serta pembangunan pengembangan kawasan ini mempertimbangkan keterkaitan dan konektivitas dengan daerah sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selanjutnya,Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah juga menggagas pengelolaan kawasan Selat Makassar secara bersama dengan provinsi-provinsi lain yang berbatasan untuk meningkatkan pencapaian target pembangunan makro. Salah satu inisiatifnya adalah pembangunan jalan by pass Tambu-Kasimbar, yang akan menghubungkan perairan Teluk Tomini dengan Selat Makassar serta kawasan Indonesia Timur dengan IKN Nusantara. 

Sementara itu, Kasiter Kasrem 132/Tdl Mengatakan "Kami Korem 132/Tdl Komitmen untuk mendukung sepenuhnya upaya membangun kerjasama antar Kabupaten dan Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah di Kawasan Selat Makassar. Kami percaya bahwa kolaborasi ini bukan hanya tentang memperkuat hubungan antarwilayah, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam mendukung visi besar Ibu Kota Nusantara (IKN).Penrem_132/Tdl/Agus.

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini