Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Karang Taruna Mesansafa Matano Dikukuhkan

Selasa, 30 Juli 2024 | Juli 30, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-30T13:22:15Z


TransSulteng
- Morowali - Pengurus Karang Taruna Mesansafa, Kelurahan Matano periode 2024-2029 dikukuhkan. Acara tersebut digelar di Gedung Serbaguna Achmad Hadie, Kelurahan Matano, Kecamatan  Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Minggu (28/7/2024).


Kegiatan yang dihadiri oleh Lurah Matano, Janhar Samuda, Ketua LPMK Kelurahan Matano, Yulisar, Tokoh Masyarakat termasuk pembina Karang Taruna Mesansafa Kelurahan  Matano, Arman Caddi dan seluruh pengurus serta anggota Karang Taruna Kelurahan Matano yang sempat hadir dalam kegiatan tersebut.


Seremonial kegiatan berlangsung tertib dan pembukaan kegiatan diawali dengan sambutan oleh Lurah Matano, Janhar Samuda sekaligus membacakan Surat Keputusan (SK) Lurah Matano tentang Struktur Pengurus Karang Taruna Mesansafa Kelurahan Matano periode 2024-2029.


Janhar menyampaikan dukungan dan apresiasinya terhadap terbentuknya pengurus baru Karang Taruna Mesansafa Kelurahan Matano periode 5 tahun ke depan yang secara harfiah adalah sebuah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai sarana dan wadah pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat, terutama generasi muda di wilayah Kelurahan Matano yang bergerak di bidang kesejahteraan, serta untuk  menjadi wadah pengembangan generasi muda.


"Karang taruna merupakan tempat berbagai upaya atau kegiatan untuk meningkatkan dan mengembangkan cipta, rasa, karsa, dan karya generasi muda dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM.red) dimana Kegiatan dapat berupa keagamaan, hari nasional, atau sosial lainnya," kata Janhar.


Lanjut Lurah Matano, banyak daerah yang menyelenggarakan kegiatan di daerah-daerah secara rutin, sehingga para pemuda memiliki kegiatan yang positif dan juga memang peran Karang Taruna sangat membantu mensukseskan program pemerintah, khususnya untuk wilayah Kelurahan Matano, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, dimana harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan, salah satunya Peraturan Menteri Sosial tentang Karang Taruna.


Setelah memberikan sambutannya, Lurah Matano melanjutkan dengan penyerahan Bendera Pataka Karang Taruna Mesansafa Kelurahan Matano kepada pengurus baru, yakni Ketua Sasra Asrar, Wakil Ketua Rizaludin Pasandre, Sekretaris Uun M Saputra, Bendahara Hasrita juga beserta anggota lainnya. 


Pada kesempatan yang sama, Ketua Karang Taruna Mesansafa, Sasra Asrar menyampaikan bahwa setelah selesainya acara seremonial pengukuhan, maka pengurus bersama seluruh anggota Karang Taruna Mesansafa periode yang baru akan melaksanakan rapat kerja untuk membahas program kerja 5 Tahun ke depan.


"Sesuai Permensos Nomor 83 / HUK / 2005 tentang Peraturan Dasar untuk Organisasi Pemuda serta Permensos Nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna, dimana fungsi Karang Taruna itu sendiri adalah beragam, salah satunya mengembangkan potensi para generasi muda di lingkungan wilayah desa atau kelurahan itu sendiri," ujarnya.


Sasra menguraikan, rencana program kerja yang dimaksud meliputi:

• Penyelenggara berbagai macam kegiatan dan usaha yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial.

• Penyelenggara berbagai macam pelatihan dan pendidikan di lingkungan setempat.

• Penyelenggara pemberdayaan masyarakat yang lebih berfokus pada generasi muda secara terpadu, komprehensif dan berkesinambungan.

• Penyelenggara berbagai pelatihan dan pengembangan generasi muda dalam bidang kewirausahaan.

• Meningkatkan pemahaman kepada para generasi muda untuk selalu aktif, kreatif dan inovatif.

• Menumbuhkan semangat kekeluargaan, kebersamaan, kesetiakawanan, persahabatan di lingkungan masyarakat.

• Sebagai tempat pendampingan, rujukan dan advokasi sosial bagi warga masyarakat yang sedang mengalami permasalahan kesejahteraan.

• Usaha pencegahan permasalahan sosial yang nyata.

• Penguat sistem komunikasi di lingkungan masyarakat.

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini