Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gelar Sosialisasi Literasi Digital, Sudaryano : Gunakan Media Sosial Dengan Bijak

Selasa, 09 Juli 2024 | Juli 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-10T02:26:13Z


TransSulteng-Palu- Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) menggelar Sosialisasi Literasi Digital di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 7 Palu. Bertempat, diruang Auditorium Sekolah SMA Negeri 7 Palu jalan Baiya Raya, No. 29, Kecamatan Tawaeli. Selasa, (9/7/2024).

Sebagai narasumber, Kepala Dinas Kominfo Santik Sudaryano R. Lamangkona mengatakan, tujuan sosialiasi ini adalah untuk memberikan edukasi tentang dunia digital dan bermedia sosial yang cerdas, beretika, dan bijak untuk remaja. 

Menurut Sudaryano, digitalisasi sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat termasuk merubah sikap dan perilaku seseorang. Dimana Literasi Digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti ; alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya.

"Medsos mengubah cara bersikap, berpikir, dan berperilaku kita dalam kehidupan sehari-hari, tergantung dari individu mau bawa ke arah positif atau negatif", ujar Sudaryano selaku narasumber 

Dikatakannya juga, berdasarkan data, rata-rata durasi perbulan yang digunakan pengguna untuk medsos yaitu ; Youtube 31.4 jam/ bulan, WhatsApp 26.4 jam/bulan, Facebook 15.2 jam/bulan, Instagram 16.0 jam/bulan, dan Tiktok sebanyak 23.1 jam/ bulan.

Selain itu kata Sudaryano, dampak digitalisasi saat ini mempercepat proses pertukaran informasi dan komunikasi, memberikan akses lebih luas terhadap pengetahuan dan sumber daya melalui internet. Digitalisasi juga merujuk pada proses mengubah informasi dari bentuk analog menjadi format digital.

"Kalau dulu orang harus ke perpustakaan untuk baca buku, sekarang bisa gunakan perpustakaan digital, inilah disebut transformasi digital", jelas Kadis Kominfo

Untuk itu, Kadis Kominfo menghimbau agar masyarakat khususnya remaja dapat menggunakan media sosial dengan cerdas, dan bijak terutama menghindari konten-konten tidak bermanfaat seperti konten tidak senonoh, membuli, mengintimidasi, menggunakan kata-kata kasar, membagikan foto korban kecelakaan atau meninggal dunia, sampai pada perbuatan judi yang di larang oleh negara bahkan agama.

Diakhir sesi, Sudaryano memutarkan Audio lagu berjudul Legenda Tawaili yang dibuat menggunakan AI atau Artificial Intelligence, ia juga menjelaskan bahwa dengan adanya AI membuktikan bahwa tranformasi digital begitu berkembang saat ini dan masyarakat harus bisa beradaptasi dan menggunakan teknologi dengan bijak.

Turut hadir : Pegawai Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng, Dewan Guru dan Siswa/Siswi SMA Negeri 7 Palu. 

Sumber : Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng/PPID Pelaksana

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini