Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Evaluasi Kinerja Pj Bupati Parigi Moutong Triwulan III Di Kemendagri

Kamis, 25 Juli 2024 | Juli 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-25T09:59:24Z


TransSulteng-Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo kembali mengikuti Evaluasi Kinerja Penjabat Kepala.Daerah Triwulan III yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (24/07/2024), bertempat di Gedung Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri lt.8 Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

Hadir mendampingi Pj. Bupati, Ketua DPRD, Sayutin Budianto, Wakil Ketua I, Faizan Badja, Wakil Ketua II Alfres Tonggiroh, Sekretaris Daerah, Zulfinasran dan benerapa Kepala OPD dan Anggota DPRD Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam evaluasi tersebut, Pj Bupati menyampaikan capaian 10 indikator prioritas yaitu aspek inflasi, stunting, BUMD, layanan publik, pengangguran, kemiskinan ekstrem, kesehatan, penyerapan anggaran, kegiatan unggulan, dan perizinan.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan kinerja agar semua program dan kegiatan bisa mencapai target dan sasaran yang ditetapkan”, kata Pj Bupati Parimo.

Dalam rapat evaluasi tersebut, Pj. Bupati Parimo menyampaikan 10 indikator prioritas yaitu Aspek Inflasi, Stanting, BUMD, Layanan Publik, Pengangguran, Kemiskinan Ekstrim, Kesehatan, Penyerapan Anggaran, Kegiatan Unggulan dan Aspek Perizinan.

Pj. Bupati Parimo memaparkan sejumlah indikator yang telah dilaksanakan : 

Pertama, Indeks Harga Konsumen (IHK) terjadi kenaikan sebesar 0,02% dari bulan sebelumnya. Hal ini tentu berkat upaya Pemkab Parimo yang terus menjaga harga kebutuhan pokok dan ketersediaan pasokan pangan melalui operasi pasar murah dan gerakan pangan murah. 

Kedua, Penangan Stunting, inovasi unggulan dalam bentuk pelayanan kolaboratif, pemberdayaan masyarakat perdesaan dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tercatat angka pravelansi stanting Kabupaten Parigi Moutong pada 2023 sebesar  28,5% jumlah tersebut lebih rendah dari angka tahun sebelumnya 27,4%.. 

Ketiga, BUMD sesuai SK Bupati Parimo Nomor 500.3.4.3/24/Bag..Ekonomi perihal penyertaan modal kepada BPD Sulteng dan membentuk perusahaan umum daerah. 

Keempat, Layanan Publik dalam bentuk Pemutahiran data Kependudukan, pelayanan KIA dan Akta pada LKSA serfa pelayanan dan perizinan di tingkat kecamatan. Kelima, Pengangguran langkah yang dilakukan adalah pelatihan, dan perluasan lapangan kerja. Keenam Kemiskinan Ekstrem nerbagai program kegiatan yang telah dilaksanakan Pemkab Parimo telah menunjukan dampak sangat positif bagi masyarakat, diantaranya turunnya angka kemiskinan ekstrem 1,32% data maret 2024 persentase ini masih rendah dari angka kemiskinan ekstrem provinsi sulawesi tengah sebesar 3,5%. 

Ketujuh, Aspek Kesehatan upaya yang telah dilaksanakan antara lain Penambahan jumlah Dokter speaialis, fasilitas sarana dan prasarana RSU Anuntaloko, berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan, data sampai dengan juni 2024, pasien pulang sembuh 4.542 orang, pasien rujukan 138 orang dan meninggal dunia 228 orang. Kedelapan Penyerapan Anggaran, Pendapata Asli Daerah (PAD) tahun 2024 sebesar Rp. 1.712.040.716.847 realisasi belanja sebesar Rp. 647.632.729.775.

Kesembilan, Kegiatan Unggulan, Kabupaten Parimo membuat brand sebagai kabupaten durian kemudian melakukan langkah langkah dalam bentuk pengembangan tanaman durian dan promosi buah diberbagai ivent. Selain itu akselerasi peningkatan produksi padi dan jagung dalam rangka mendukung ketersediaan pangan sebagai penyangga IKN. Kesepuluh Perizinan, dalam mempermudah para pelaku UMKM OPD terkait membuat aplikasi OSS sampai dengan juni 2024 jumlah NIB 2.495 izin, PBG 20 izin.

Selama 20 menit, Pj Bupati Parimo menyampaikan paparan kepada tim evaluator Kemendagri. Kemudian tim evaluator memberikan masukan dan tanggapan terkait upaya penurunan stunting, inflasi, kemiskinan ekstrem dan upaya-upaya yang perlu di tingkatkan dan diperbaiki kedepannya.

“Terimakasih kepada tim evaluator atas masukan dan saran yang nantinya akan berguna untuk kemajuan Kabupaten Parigi Moutong”, kata Pj Bupati Parigi Moutong. 

Sumber: diskominfo parimo 

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini