Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Banjir Bandang Terjang Parigi Moutong: Polres dan TNI Turun Tangan

Minggu, 23 Juni 2024 | Juni 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-23T11:10:24Z


TransSulteng
- Parigi Moutong – Anggota Polres Parigi Moutong dan jajarannya bergerak cepat melakukan evakuasi dan pembersihan akibat banjir di beberapa titik wilayah Parigi Moutong. Hujan deras yang melanda beberapa desa di Kabupaten Parigi Moutong menyebabkan banjir di beberapa wilayah, termasuk Dusun I Desa Tanalanto Kecamatan Torue, Desa Tindaki Kecamatan Parigi Selatan, dan Desa Sibalago Kecamatan Toribulu.


Pada hari Sabtu, 22 Juni 2024, sekitar pukul 22.40 WITA, banjir melanda Dusun I Desa Tanalanto, Kecamatan Torue, menggenangi pemukiman warga dan jalan Trans Sulawesi yang berbatasan dengan Desa Tindaki, Kecamatan Parigi Selatan. Personel Polsek Torue yang dipimpin oleh Kapolsek IPDA Arbit, Polsek Sausu yang dipimpin Kapolsek AKP Arifin, SH, dan Polsek Parigi yang dipimpin Kapolsek IPTU Noldy W. Sualang, SH, segera melakukan upaya evakuasi dan pembersihan.


Kapolsek dan anggota polsek jajaran Polres Parigi Moutong, bersama masyarakat sekitar, melakukan pembersihan lumpur di sekitar rumah warga terdampak banjir serta memberikan himbauan kepada warga agar selalu waspada untuk mengantisipasi perkembangan situasi.


Kerugian akibat banjir di wilayah Dusun Tanalanto dan Desa Tindaki cukup signifikan. Banjir akibat luapan air sungai Tindaki mencapai sekitar 40 cm, menggenangi pemukiman warga dan badan jalan Trans Sulawesi, yang sempat menghentikan arus lalu lintas hingga pukul 01.00 WITA pada Minggu dini hari. Sekitar 200 unit rumah terdampak banjir di Dusun I dan II Desa Tindaki, dengan tiga unit rumah dan satu warung warga mengalami kerusakan berat.


Di Desa Sibalago, Kecamatan Toribulu, banjir bandang menyebabkan kerusakan parah pada Dusun IV, dengan sekitar 65 rumah rusak akibat lumpur dan batang kayu yang terbawa arus. Selain itu, tiga unit kendaraan roda empat dan beberapa kendaraan roda dua juga terdampak. Satu korban jiwa, NH, 70 tahun, pekerjaan IRT, warga Dusun IV Desa Sibalago, dilaporkan akibat banjir bandang tersebut.


Evakuasi warga masih berlangsung, melibatkan 17 personel Polsek Ampibabo yang dipimpin Kapolsek IPTU Yan Syahruddin, 15 anggota TNI, serta tim Basarnas Kabupaten Parigi Moutong. Polres Parigi Moutong terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan keselamatan dan keamanan warga terdampak banjir. Upaya pembersihan dan evakuasi akan terus dilakukan hingga situasi kembali normal.

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini