×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Surat Untuk Kawanku, Gun. Bacalon Bupati Tolitoli

Rabu, 01 Mei 2024 | Mei 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-01T09:10:25Z


TransSulteng
- Toli Toli  - Kaget bukan buatan ketika saya melihat baliho di sebuah jalan. Sesosok pemuda yang, rasa rasanya dekat sekali dengan kehidupan lama saya. Kucari tahu tentang sosok itu ke beberapa sumber keluarga, dan dugaanku tepat. Sosok itu bernama Gunardi Alwi Kama. Bacalon Bupati Tolitoli, Sulawesi Tengah.


Siapa dia? Minimal, bagi saya, dia adalah sosok kaka senior sekaligus saudara ketika menimba ilmu di Makassar, Sulawesi Selatan beberapa tahun silam. Saya memanggilnya Gun, asli pemuda Tolitoli. Sepak terjangnya di Kota Cengkeh sebutan Tolitoli, dari berbagai kalangan warga telah memberi sumbangsih nyata dan memiliki sikap sosial empati tinggi. 


Usia Gun kini 40 tahun. Angka yang matang secara logis dan emosional dalam kancah perpolitikan. Dalam politik, usia tersebut terbilang muda. Lebih memahami dan mampu mewakili kebutuhan, aspirasi, dan pandangan generasi muda. 


Tokoh muda sering dikaitkan dengan inovasi dan kreativitas. Pemilih mungkin percaya bahwa mereka akan membawa gagasan segar, solusi yang inovatif, dan strategi baru dalam pengelolaan daerah.


Empat tahun saya mengenal Gun dan menyakini bahwa Gun lebih mudah didekati dan dihubungi, serta lebih responsif terhadap masalah masalah yang dihadapi oleh masyarakat.  Sebab, setelah sekian tahun tak jumpa, ia masih mengenal saya ketika saya memastikan kembali bahwa ia maju sebagai bacalon bupati di daerahku.


Salah satu poin yang saya harapkan dari kawanku itu ialah membuka sektor lapangan pekerjaan. Data BPS Tolitoli per Februari 2023 melansir, jumlah pengangguran lulus SMA menjadi tertinggi di antara lulusan SMP atau SD, yakni sebesar 1.540 orang. Sementara jumlah pengangguran tamatan SMP mencapai 938 orang dan lulusan atau tidak besekolah SD berjumlah 824 orang. Data bersifat dinamis. Data di atas ditanyakan oleh petugas kepada respoden tentang aktivitas apa saja yang dilakukan seminggu yang lalu. Minimal dapat memperlihatkan gambaran nyata serapan dunia kerja di Tolitoli. 


Banyak pekerjaan rumah bersama memang dalam memajukan dan meningkatkan kesejahteraan hidup di Kabupaten Tolitoli dan rasa rasanya saya optimis dengan kebijakan  Gun jika terpilih. Pemuda yang kenal daerahnya takkan tinggal diam dalam kehancuran dan tak lantas berpesta ketika suka ria. Sebab memimpin itu soal empati. Semoga sukses, Gun!


DAFTAR RIWAYAT HIDUP


1. Nama : Gunardi A. Kama, ST. MT.

2. Tempat/ tanggal lahir  : Ginunggung, 16 Agustus 1984

3. Jenis kelamin : Laki-laki

4. Agama : Islam

5. Alamat tempat tinggal : JI. PERUM GRAND RESIDENCE, VETERAN 3 BLOK C/3 Kota Palu

6. Nama Istri: SISKA MAHMUD

7. Pendidikan Terakhir : S2 (Magister Teknik Sipil)

8. Pekerjaan : Inspektur Tambang Ahli Muda, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral Republik Indonesia (2017-2024) 

9. Riwayat Pendidikan :

1.SD : SDN Ginunggung (1990-1996)

2.SMP : SLTP N 1 Galang (1996-1999)

3.SMA : SMK SWAKARYA TOLITOLI (1999-2002)

4.SI (Teknik Elektro) : Universitas Muslim Indonesia, Makassar (2002-2009)

5.S2 (Magister Teknik Sipil) : Universitas Tadulako, Palu (2019-2022)


Penulis, (Haryanto)

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini