Notification

×
Gubernur Sulteng
Gubernur Sulteng

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SDN 1 Rotalindo Siapkan Seragam Sekolah. Orang Tua Murid Merasa Keberatan.

Rabu, 22 Mei 2024 | Mei 22, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-22T11:59:35Z


TransSulteng
- Tojo Una Una - Penerimaan siswa -siswi murid baru ajaran tahun 2024-2025, mulai dari TK ,SD ,SLTP dan SLTA telah mulai di buka , Dengan berbagai persyaratan yang harus dilengkapi untuk pendaftaran.

Begitupun Sekolah Dasar Negeri SDN 1 Ratolindo, Kelurahan Uentanga bawah, Kecamatan Ratolindo, Kabupaten Tojo Una-una. Membuka pendaftaran bagi calon Siswa dan Siswi.

Namun orang tua / wali dari calon Siwa dan siswi murid sekolah tersebut ada yang  merasa keberatan terbebani dengan biaya yang harus di keluarkan untuk pembelian seragam sekolah, dengan rincian sebagai berikut.:

- Seragam rompi.               Rp.320.000.

- Jilbab kotak-kotak.          Rp.110.000.

- Seragam olahraga.           Rp.175.000.

-  Pramuka.                            Rp.320.000.

-Atribut 1. Set.                      Rp.150.000.

Total semuanya                   Rp.1.075.000.

Kami sangat kecewa dan terbebani dengan Nominal sebesar itu bagi kami orang tua/wali Siwa-Siswi murid sekolah tersebut sangat terbebani sekali, apa lagi kakaknya yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya.ungkap orang tua salah seorang orang tua murid yang tidak mau disebutkan namanya.

Menurut keterangan Kepala Sekolah, SDN 1  Ratolindo, Mufida.M.latinapa, Spd.I. Mp.d. sewaktu di hubungi lewat telpon, memang benar kebijakan tersebut ada, tapi bukan sekarang saja, sejak Kepala sekolah sebelumnya sudah ada. Selama tiga tahun saya menjabat sebagai Kepala Sekolah selama itu juga tidak ada orang tua murid yang merasa keberatan.

Adapun untuk seragam putih merah, orang tua murid sendiri yang membeli di luar sekolah. Untuk seragam rompi, jilbab, serta atribut sekolah, koprasi sekolah kami yang menyediakan karena tidak ada di jual bebas, koprasi sekolah  kerja sama dengan penjahit yang terbaik di daerah kami, kain yang digunakan berkualitas baik.

Mengenai seragam Pramuka, kenapa Koprasi kami yang adakan, sebab ada beberapa bagian yang pada seragam Pramuka tersebut tidak ada di jual di pasaran, semacam list,  umumnya yang di jual di pasaran polos. Itu juga kami buat berdasarkan Surat Keputusan Kwartir gerakan Pramuka Pusat, No.174 tahun 2012, tentang petunjuk penyelenggaraan pakaian seragam gerakan anggota Pramuka.

Mengenai seragam olah raga ada nama sekolah di bagian kaosnya sehingga harus melibatkan pihak percetakan atau sablon, bahkan bukan cuma sekolah kami saja yang menyiapkan seragam olah raga.

Rincian anggaran yang di atas tersebut baru hasil pembicaraan kami dengan dewan guru, belum ada kesepakatan dengan orang tua murid. 

"Tahun-tahun sebelumnya, kami lakukan pembayarannya dengan mencicil sesuai kemampuan dari orang tua murid dengan batas waktu pelunasan tidak ditentukan".Tegas Mufidah.

Mufidah juga menambahkan , Kenapa hal ini kami lakukan, agar anak murid kami memakai seragam sama kwalitas jahitan maupun bahannya. 

Mufidah juga membantah "bahwa dirinya sebagai kepala sekolah di tuduh melakukan pungli, Semua itu di kelola sepenuhnya oleh pihak Koprasi sekolah " Tegasnya.

Mufidah, berharap kepada orang tua murid ,agar segala sesuatunya yang berkaitan dengan kebijakan dari sekolah agar ditanyakan langsung kepada dirinya, kami juga terbuka siap menerima segala saran dan kritikan dari orang tua murid maupun masyarakat demi kemajuan pendidikan. (AGS)

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini