×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PJ. BUPATI BUOL MENGHADIRI DAN MELANTIK PAW BADAN PERMUSYAWARATAN DESA

Jumat, 24 Mei 2024 | Mei 24, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-25T01:48:59Z


TransSulteng
- Buol - Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi Pengganti Antar Waktu (PAW) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) anggota tahun 2024 baru saja dilaksanakan. Acara yang berlangsung di Lantai III Kantor Bupati Buol Rabu 22 Mei 2024 ini, dihadiri oleh sejumlah pejabat penting dan tamu undangan.

 Pj. Bupati Buol, Drs. M. Muchlis, MM  "pelantikan ini merupakan langkah penting dalam memperkuat struktur demokrasi di tingkat desa. Dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 yang merevisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, masa jabatan BPD yang sebelumnya enam tahun kini diperpanjang menjadi delapan tahun. Perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan efektivitas kerja BPD" Tegasnya dalam kata sambutannya.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berperan sebagai lembaga untuk mewujudkan demokrasi dalam pemerintahan desa. Bersama dengan Kepala Desa, BPD memiliki fungsi vital dalam menetapkan peraturan desa, menyalurkan aspirasi masyarakat, serta mengawasi kinerja Kepala Desa. Semua upaya ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pemerintahan dan pembangunan desa.

"Pentingnya kerjasama yang baik antara BPD dan Kepala Desa. Kedua pihak diharapkan dapat berkomunikasi dengan baik dan bersinergi untuk memperkuat penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pembinaan masyarakat desa. Salah satu aspek penting yang disoroti adalah pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DDS), di mana transparansi, efektivitas, dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa menjadi kunci utama" tekan Pj Bupati Buol kepada seluruh PAW BPD yang baru di lantik.

"Saya berharap agar anggota BPD yang baru dilantik dapat menjalankan tugas mereka dengan baik dan penuh tanggung jawab. Kerjasama yang solid antara BPD dan Kepala Desa diharapkan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul dan memperkuat fondasi demokrasi serta pembangunan di tingkat desa"Lanjut Pj Bupati Buol .

Pelantikan ini bukan hanya seremonial belaka, melainkan sebuah langkah strategis dalam memperkuat demokrasi dan pembangunan desa. Dengan peran aktif dan sinergi yang baik antara semua pihak terkait, diharapkan desa-desa di Kabupaten Buol dapat berkembang lebih maju dan sejahtera.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Pj Bupati Buol M. Muchlis, MM, Kepala Dinas BPM Abdul Yani Saad, S.Sos, Camat Bokat Ikhsan Mangge, S.Sos, Camat Bukal Hasnawi, SE, M.Si, Camat Gadung Aruji Saloa, S.Ag, M.Si, serta jajaran Kabid dan staf BPM Kabupaten Buol. Insan pers dan berbagai tamu lainnya juga turut meramaikan acara tersebut.(ADP)

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini