Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Amirudin Bersama Wabup Furqanuddin Secara Resmi Membuka Acara Festival Pandanga dan Kintom Expo Tahun 2024

Kamis, 23 Mei 2024 | Mei 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-24T04:01:52Z



TransSulteng
-  Banggai - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kecamatan Kintom yang ke-63, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO, bersama Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, secara resmi membuka acara Festival Pandanga dan Kintom Expo Tahun 2024.

Dengan mengusung tema "Melalui Festival Pandanga Kita Kuatkan Kearifan Budaya dan Mengintegrasikan Nilai Lingkungan dalam Warisan Budaya Lokal" acara  pembukaan ini berlangsung meriah di Lapangan Sintoka, Desa Dimpalon Baru, pada Kamis (23/5/2024).

Festival Pandanga dan Kintom Expo merupakan acara tahunan yang selalu dinantikan oleh masyarakat Kecamatan Kintom. 

Tahun ini, acara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti pameran produk lokal, pertunjukan seni dan budaya, serta berbagai lomba yang melibatkan partisipasi masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Amirudin menyampaikan bahwa ini merupakan festival adat istiadat Kecamatan Kintom.

"Ini terus kita kembangkan, kita pertahankan, karena sekarang budaya-budaya ini terus diangkat baik ditingkat daerah maupun ditingkat nasional, bahkan tingkat internasional," ujar Bupati Banggai.

Lanjutnya, Alhamdulillah Kabupaten Banggai mendapatkan piagam penghargaan terhadap pemeliharaan bahasa daerah.

"Oleh sebab itu anak-anak kita terus diajarkan bahasa daerah, yang bahasa saluan tetap berbahasa saluan, yang bahasa balantak tetap bahasa balantak, yang banggai tetap banggai dan yang terakhir adalah bahasa amdio," tutur Bupati Amirudin.

Menurutnya, Expo Kintom ini adalah menampilkan segala macam bentuk yang ada di desa, beliau berharap melalui kegiatan ini agar dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Gunakan kesempatan melalui expo ini, sehingga ada produk yang bisa kita tampilkan untuk dapat menambah pendapatan di Kecamatan Kintom," kata Bupati Amirudin.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Amirudin  menyerahkan bantuan kepada kelompok tani Desa Dimpalon, Dimpalon Baru dan Desa Babang Buyangge berupa alat bantu pertanian.

Bantuan ini diberikan sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan para petani di Kecamatan Kintom.

Beliau berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan petani, karena pertanian merupakan salah satu sektor penting yang harus didukung bersama.

Pembukaan Festival Pandanga dan Kintom Expo 2024 ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta pejabat daerah. Acara berlangsung dengan meriah dan penuh semangat, mencerminkan kekayaan budaya dan potensi yang dimiliki Kecamatan Kintom.

Dengan dibukanya Festival Pandanga dan Kintom Expo 2024, diharapkan dapat menjadi momentum untuk terus mengembangkan dan mempromosikan potensi lokal serta mempererat silaturahmi antarwarga, sehingga Kecamatan Kintom dapat terus berkembang dan maju di masa depan(Agus).

Sumber : Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai.

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini