Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pj Bupati Parigi Moutong Menghadiri Pengaktifan Rekening RTS Penerima dan Pencairan Dana Program Gercep Gaskan Berdaya

Jumat, 22 Desember 2023 | Desember 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-27T02:28:18Z



TransSulteng-
Parigi Moutong - Serius Atasi Kemiskinan Ekstrim, Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo menghadiri sekaligus menyerahkan secara simbolis Buku Tabungan penerima Rumah Tangga Sasaran (RTS) Dana Program Gerak Cepat Pengentasan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (Gercep Gaskan Berdaya) Kabupaten Parigi Moutong tahun 2023. Bertempat di Kantor Camat Tinombo dan Kantor Camat Sidoan. Jum'at (22/12/2023).

Pj Bupati Parigi Moutong didampingi Kepala Bappelitbangda Kabupaten Parigi Moutong, Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Parigi Moutong, Kepala BPD Sulteng, Camat Tinombo, Camat Sidoan dan Forkopimda.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Parigi Moutong menyatakan untuk memperbaiki kehidupan masyarakat melalui pemberian dan peningkatan peluang-peluang ekonomi serta mengembangkan kegiatan ekonomi masyarakat berskala mikro dan kecil serta mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat di Kabupaten Parigi Moutong khususnya pada lima Kecamatan yaitu Kecamatan Palasa, Tomini, Tinombo, Tinombo Selatan dan Sidoan yang merupakan penerima bantuan Gercep Gaskan Berdaya.

"Saya berharap apapun hasil dari monitoring ini nantinya akan memberikan yang terbaik, bila diukur dari sisi pemanfaatan bantuan maupun dari sisi kepatuhan terhadap penggunaan sarana dan prasarana yang telah didapatkan dari program ini yang tentunya akan dilihat dari berhasil dan tidaknya bantuan program ini pada RTS," jelasnya.

Diungkapkannya, suatu kesyukuran bagi  masyarakat Kabupaten Parigi Moutong, karena program Gercep Gaskan Berdaya tahun 2023 Kabupaten Parigi Moutong mendapatkan kuota yang cukup besar yakni sejumlah Rp 8.310.000.000 (Delapan Miliar Tiga Ratus Sepuluh Juta Rupiah), dibanding dengan beberapa Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.

Olehnya, Kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima bantuan Program Gercep Gaskan diharapkan mampu memanfaatkan dan menjaga fasilitas bantuan yang telah diberikan sehingga dapat meningkatkan produksi hasil pertanian, perkebunan, maupun perikanan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan para penerima manfaat.


Masih di kesempatan yang sama, Pj Bupati menghimbau terutama kepada Camat dan Kepala Desa selaku Kepala Wilayah penerima bantuan Program Gercep Gaskan Berdaya Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2023, untuk mengawal dan mengawasi serta mensukseskan program tersebut sehingga berdampak pada penurunan angka kemiskinan ekstrim.

"Kemiskinan ekstrim di Kabupaten Parigi Moutong sebesar 6,39% atau sejumlah 32.570 jiwa. Untuk itu diperlukan interfensi terhadap pengurangan angka kemiskinan ekstrim dimaksud. Hal ini telah ditindaklanjuti dengan berbagai program pemerintah salah satunya adalah program Gerak Cepat Pengentasan Kemiskinan berbasis Pemberdayaan masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah (Bappelitbangda) Irwan, dikesempatan yang sama

berpesan kepada penerima bantuan Gercep Gaskan berdaya untuk menjaga keberlangsungan bantuan itu, karena perlu  diketahui bersama setelahnya nanti akan ada tahap evaluasi terhadap keberhasilan program tersebut oleh tim BPK, BPKP dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sebagai penyedia dana program Gercep Gaskan berdaya.

"Alhamdulillah kegiatan ini bisa kita lakukan meskipun memang membutuhkan waktu yang cukup lama, semoga apa yang kita rencanakan berjalan lancar karena mengingat  dana yang kita peruntukan pada Gercep Gaskan Berdaya ini sangat besar dan  untuk lima kecamatan, maka mudah-mudahan  bisa dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga suatu saat masyarakat kita akan merasakan manfaatnya termasuk kita semua," harapnya.(SD)


Sumber : Diskominfo kabupaten parigi moutong





Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini