Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Korem 133/Nani Wartabone Gelar Upacara Hari Juang Infanteri Ke 75 Tahun 2023

Senin, 18 Desember 2023 | Desember 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-20T00:10:57Z


TransSulteng-Gorontalo- Korem 133/Nani Wartabone Gelar Upacara Hari Juang Infanteri Ke 75 Tahun 2023 dengan mengusung tema "Infanteri Yang Profesional, Modern Dan Dicintai Rakyat", bertempat di Lapangan Taruna Remaja Kel. Tenda, Kec. Hulonthalangi, Kota Gorontalo, Selasa (19/12/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean dan sebagai Danup Pasilog Kodim 1304/Gorontalo Mayor Inf Ikhsan dan sebagai Perwira Upacara Danramil 1304-01/Kota Utara Kapten Inf Reinhard Lahia dengan jumlah hadir keseluruhan sekitar 200 Orang.

Dalam amanatnya Danpussenif Letjen TNI Dr. Anton Nugroho, M.M.D.S., M.A., yang di bacakan Inspektur upacara menyampaikan selaku Danpussenif dan pribadi, saya ucapkan selamat memperingati Hari Juang Infanteri ke-75 kepada segenap prajurit korps Infanteri dimanapun berada dan bertugas. Hari Juang Infanteri adalah hari yang ditetapkan sebagai momentum bersejarah bagi korps Infanteri yang terjadi saat perang kemerdekaan dimana memiliki nilai historis yang tinggi.

"Salah satu catatan peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah Infanteri adalah peristiwa saat menghadapi Agresi Militer Belanda ke 2 Tanggal 19 Desember 1948. dimana pada saat itu, Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat yang ditujukan kepada Angkatan Perang Republik Indonesia untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan, yaitu rencana untuk melawan musuh dengan melaksanakan perang rakyat semesta, dimana pasukan-pasukan yang berada di wingate (garis pertahanan musuh) agar melaksanakan longmarch kembali ke wilayah masing-masing dan membentuk wehrkreise (kantong-kantong pertahanan) sebagai titik titik kuat perang gerilya, pertempuran bentuk dan siasat yang digunakan tersebut merupakan taktik dan strategi prajurit infanteri untuk melanjutkan perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan. sistem wehrkreise sama sekali meninggalkan sistem pertahanan linier. sistem wehrkreise ini kemudian disahkan penggunaannya dalam surat perintah siasat nomor 1/PB/D/48 tanggal 19 desember 1948," jelasnya.

Lebih lanjut, Danpussenif mengatakan dari peristiwa tanggal 19 desember 1948, nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang memenangkan pertempuran Ambarawa dalam menghadapi tentara belanda sehingga diabadikan sebagai hari juang infanteri. peristiwa menarik dibalik hari juang infanteri ini mempunyai arti yang penting karena bangsa Indonesia dengan mati-matian merebut kembali Kota Ambarawa dan berhasil memukul mundur sekutu, Hari Juang Infanteri simbol kejayaan dan kemuliaan, yang harus dijunjung tinggi. Korps Infanteri adalah Korps yang terbesar di TNI Angkatan Darat.

"Tantangan tugas kedepan akan semakin kompleks dan dinamis dengan berubahnya karateristik pengabdian, keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai prajurit dan satuan infanteri hingga saat ini dalam mengharumkan nama baik korp infanteri dan mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat. ingat, kebersamaan prajurit infanteri dengan rakyat merupakan cerminan jati dirinya sebagai tentara Infanteri yang profesional, modern dan dicintai rakyat," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Prov. Gorontalo DR. Drs. H. Sofyan Ibrahim, M. Si., Kasrem 133/NW Kolonel Inf Mochamad Arief Hidayat, Para Kasi Kasrem 133/NW, Para Dansat Jajaran Korem 133/NW, Dansat Brimob Polda Gorontalo Kombes Pol Mohamad Ridwan, S.I.K., Danyonif R 715/Mtl Letkol Inf Dwi Hartanto, Mewakili Danlanal Gorontalo Kapten Laut (P) Johanes Satoro, Kasi Bantek Satradar 224/Kwd Lettu Lek Teguh Prasetyo, Dandenma Brigif 22/OM Kapten Inf Alfian Rimbing, Dan/Kabalak Aju Korem 133/NW, Kasatgas Preventif Polres Kota Gorontalo AKP Dhira Bernard, Para Unsur Forkopimda Prov. Gorontalo, Anggota Persit Jajaran Korem 133/NW dan Warakawuri.suardi.

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini