×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sekdaprov Gelar Pelatihan Fasilitator Pembelajaran Digital GTA Lingkup Pemprov. Sulteng

Senin, 13 November 2023 | November 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-17T10:54:30Z


TransSulteng-Palu-Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Sekretaris Daerah (Sekdaprov) Novalina secara resmi membuka Pelatihan Fasilitator Pembelajaran Digital Government Transformation Academy (GTA)  lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sinergitas BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah. Senin, (13/11/2023)

Turut mendampingi Kepala BPSDMD Adidjoyo Dauda dan Fasilitator/Narasumber dari Pusdiklat BPSDM Kementrian Kominfo RI Firdaus Mansyur. 

Melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Gubernur H. Rusdy Mastura dalam sambutannya menyampaikan bahwa manajemen pemerintah saat ini mengalami dinamika perubahan yang sangat cepat dan tak terduga ditandai dengan perubahan yang tak beskesinambungan. 

Menanggapi kondisi itu maka Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia kemudian mencanangkan Program  Government Transformation Academy (GTA) yang merupakan Program Pengembangan SDM yang bertujuan meningkatkan Kompetensi ASN, TNI, dan Polri untuk mendukung Akselerasi Transformasi Digital di K/L/D. tni dan Polri. Skema Pelatihan dirancang bagi tingkat Intermediate Skill dan Advance Skill yang menyasar kepada para pengambil keputusan. 

Selain itu, Program GTA bertujuan yang pertama, meningkatkan Kompetensi ASN/NON ASN yang bekerja di Instansi Pemerintah Pusat, daerah dan Desa serta TNI/Polri dalam pemanfaatan TIK  guna menjalankan tugas Organisasi menuju pelayanan prima. Tujuan yang kedua,  mempercepat Transformasi Digital di Lingkungan Instansi Pemerintah dalam rangka penguatan kelembagaan.

Di katakanya,Government Transformasi Academy (GTA) memiliki 21 tema pelatihan dan salah satu tema yang dilaksanakan pada kesempatan ini adalah Pelatihan Fasilitator Pembelajaran Digital (FPD).

Pelatihan Fasilitator Pembelajaran Digital (FPD) diharapkan menjadi dasar tonggak pelaksanaan Government Transformation Academy dengan tema lainnya di Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah kedepannya sehingga tidak hanya dapat memenuhi target dari pencanangan program ini akan tetapi menjadi salah satu sumber pemenuhan dan pengembangan kompetensi bagi ASN di Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.ujarnya.

Selanjutnya,Pelatihan ini diprioritaskan bagi ASN yang bertugas di Bidang Diklat Pemerintah atau Tenaga Fungsional yang berhubungan dengan lembagia pendidikan. Oleh karena itu, target yang ditetapkan dalam pelatihan ini adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki Bidang atau Urusan Kediklatan seperti BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah, Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, dan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan Pelatihan ini juga menjadi salah satu  bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk mendukung upaya dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan kompeten dalam mewujudkan Good Governance di Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah sekaligus menjadi investasi yang sangat berharga bagi tata kelola pemerintah yang baik di daerah kita.

Diakhir sambutannya, Gubernur menaruh harapan kepada peserta agar dapat mengikuti pelatihan dengan serius, aktif dalam berdiskusi dengan narasumber serta berbagi pengalaman terkait permasalahan yang dihadapi selama ini di unit kerja masing-masing. 

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta nantinya mampu meningkatkan keterampilan teknis untuk menggunakan aplikasi dalam pengelolaan kelas online, mengelola aktivitas belajar interaktif, dan membuat assesmen online dalam proses pembelajaran atau pelatihan

“Penghargaan paling tinggi bagi seseorang bukanlah hasil yang didapat dari satu pekerjaan, tapi seberapa berkembang dia dari pekerjaan tersebut”sebutnya.

Sebelumnnya, Ketua Panitia Moh Riyan, melaporkan bahwa peserta Pelatihan ini diikuti Oleh 30 Orang Peserta yang berasal dari Empat Intansi yaitu dari BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 15 orang, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 5 orang, UPT Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 5 orang, dan UPT Pendidikan dan Pelatihan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 5 orang.

Kegiatan ini diselenggarakan Oleh BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Pusdiklat BPSDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Pelatihan berlangsung selama 4 hari dimulai sejak tanggal 13 s/d 16 November 2023 secara klasikal atau tatap muka bertempat di BPSDMD Prov Sulteng., tutupnya

Sumber : PPID BPSDMD PROV SULTENG

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini