Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PELAPORAN LUAS LAHAN GUNAKAN E-REPORTING,Penyuluh Pertanian Diberikan Pelatihan

Jumat, 29 September 2023 | September 29, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-02T02:01:49Z


TransSulteng-Morowali - Penyuluh pertanian di Kecamatan Bumi Raya, mengikuti pelatihan intensif untuk memperbaharui keterampilan peserta dalam melaporkan luas lahan pertanian, menggunakan teknologi aplikasi e-reporting.

Acara tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Morowali, dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan akurasi pelaporan data pertanian.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memaksimalkan teknologi modern, yang mempermudah para penyuluh dalam mengumpulkan dan melaporkan data terkait luas lahan pertanian.

Aplikasi e-reporting yang diperkenalkan dalam pelatihan itu memungkinkan penyuluh untuk melakukan pelaporan secara real-time, menggantikan metode manual yang cenderung lebih lambat dan rentan terhadap kesalahan manusia.

Cara kerja aplikasi e-Reporting terintegrasi dengan Simluhtan, sehingga pemetaan luas wilayah pertanian ini juga terintegrasi dengan data kelompok tani di Simluhtan, dengan cara menginput foto open camera yang berisi titik koordinat lahan kemudian memetakan lahan kelompok tani tersebut, dengan menentukan batas tiap lahan.

Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian Kabupaten Morowali, Samsul Arifin, menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari upaya pihaknya untuk terus memajukan sektor pertanian melalui penerapan teknologi modern. "Dengan memanfaatkan aplikasi e-reporting, kita dapat mempercepat proses pelaporan dan meminimalkan potensi kesalahan yang mungkin terjadi dalam pengumpulan data, hal ini akan membantu kami dalam merencanakan program pertanian lebih efektif dan tepat sasaran" jelasnya.

Selama pelatihan, kata Samsul Arifin, para penyuluh pertanian diberikan panduan lengkap tentang cara menggunakan aplikasi e-reporting, mulai dari pendaftaran akun hingga penginputan data. "Mereka juga diberikan latihan untuk mengatasi kemungkinan kendala atau masalah teknis yang mungkin muncul selama penggunaan aplikasi, dengan semakin terintegrasinya teknologi dalam sektor pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Morowali berharap bahwa efisiensi dalam pengumpulan dan pelaporan data pertanian akan terus meningkat, semoga dengan memaksimalkan potensi teknologi, pertanian kita dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan" tandasnya. BAMS.

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini