Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

GUBERNUR SULTENG : "Rahmansyah Ismail Berkompeten Jadi PJ Bupati Morowali'

Jumat, 01 September 2023 | September 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-06T02:06:32Z


TransSulteng-Morowali - Pembahasan mengenai nama-nama Penjabat (Pj) Bupati Morowali usai berakhirnya masa jabatan Taslim-Najamudin, terus ramai dibicarakan.

Sejumlah nama pun muncul dengan berbagai argumen dari masyarakat. Namun, Gubernur Rusdy Mastura telah mengusulkan tiga nama calon Penjabat (Pj) bupati Morowali, ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di Jakarta.

Dilansir dari salah satu media online, berdasarkan usulan dengan Nomor : 100.1.4.2/374/Ro Pemotda, tertanggal 1 Agustus 2023, yakni Mulyadin Malik, Abdul Rahmansyah Ismail dan Yusman Mahbub.

Usulan Gubernur tersebut berdasarkan Permendagri Nomor 4 tahun 2023, tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati dan Penjabat Walikota.

Di pasal 9 Permendagri disebutkan, pengusulan Penjabat Bupati dan Walikota itu dilakukan oleh Gubernur dan DPRD melalui Ketua DPRD kabupaten dan kota dengan mengusulkan tiga nama yang memenuhi persyaratan, kepada Mendagri.

Anggota DPR-RI Dapil Sulawesi Tengah, Anwar Hafid yang ditanyakan pendapatnya, Sabtu (2/9/2023), menyarankan sebaiknya penjabat yang nantinya akan ditunjuk atau disetujui Mendagri dari usulan Gubernur, harus benar benar penjabat yang paham daerah tersebut.

"Walaupun menjabat hanya dalam waktu singkat, tapi Penjabat Bupati harus betul-betul paham daerah yang dipimpinnya, karena akan sangat menentukan nasib keberlanjutan pembangunan dan pelayanan di daerah tersebut, apalagi Morowali daerah yang menjadi pusat perhatian dunia dengan banyaknya investasi besar yang ada di dalamnya" ungkap Anwar Hafid.

Tiga nama yang diusulkan Gubernur Sulteng, kata Anwar, sangat jelas siapa sosok yang pernah dan sedang menjabat di Morowali, sehingga usulan Gubernur dari usulan pimpinan DPRD Morowali sangatlah tepat. "Selain calon penjabat memenuhi kriteria diamanatkan undang-undang, serta berintegritas, tidak kalah pentingnya mengetahui kondisi masyarakat Morowali dulu dan saat ini, akan tetapi, semuanya dikembalikan kepada Mendagri yang akan memberikan penilaian akhir dari tiga nama usulan Gubernur Sulteng tersebut" urainya.

Masih dari sumber salah satu media online, Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura sepertinya lebih memberikan pertimbangan yang sama dengan usulan Anwar Hafid. "Kan usulan DPRD Morowali hanya dua nama, yaitu Pak Yusman dan Pak Mulyadin, karena dipersyaratkan pengajuan ke Mendagri harus tiga nama, maka Pemerintah Provinsi Sulteng menambahkan satu nama lagi, yaitu Pak Rahmansyah, Kadis ESDM Sulteng, pangkatnya juga sudah memenuhi syarat, IV/d" ujarnya di Palu, Kamis, 31 Agustus 2023 baru-baru ini.

Rusdy Mastura pun menyerahkan semuanya kepada Mendagri. "Yaaa sudah kita sudah usulkan, biarlah Mendagri yang memutuskan, yang pasti nama pak Rahmansyah sudah diusulkan, dia juga berkompeten untuk jadi penjabat Bupati Morowali" tandasnya. BAMS/ YLB.

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini