×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Optimalkan Pengelolaan Aset Daerah untuk Cegah Korupsi

Minggu, 06 Agustus 2023 | Agustus 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-11T11:57:54Z


TransSulteng-Palu--Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sulawesi Tengah (Sulteng), Emilwan Ridwan, S.H., M.H., menjadi pembicara utama pada acara Sosialisasi Penerapan Hak dan Kewajiban atas Penggunaan Barang Milik Daerah (Pengawas Aset) Provinsi Sulteng. Acara berlangsung,di Ballroom Hotel Santika, dengan peserta dari berbagai instansi pemerintah daerah.

Dalam paparannya, Wakajati Sulteng menyoroti pentingnya pengelolaan aset pemerintah daerah secara bijaksana. Beliau menekankan bahwa pengelolaan aset bukan hanya terbatas pada barang milik daerah (BMD), tetapi juga aset-aset pihak lain yang dikuasai oleh pemerintah daerah. Kurangnya pengelolaan yang tepat dapat menyebabkan inefisiensi dan potensi korupsi.

Emilwan juga mengingatkan bahwa BMD merupakan bagian dari keuangan negara, sehingga perbuatan yang menyebabkan kerugian keuangan negara, baik secara melawan hukum maupun penyalahgunaan wewenang, dapat dianggap sebagai tindak pidana korupsi. Untuk mencegahnya, pengelolaan BMD harus dilakukan secara akuntabel.

Dalam upaya pengelolaan yang baik, Wakajati menyebut tiga fungsi utama yang harus diperhatikan: perencanaan yang tepat, pelaksanaan yang efisien dan efektif, serta pengawasan yang baik. Jika ketiga fungsi ini terlaksana dengan baik, maka pengelolaan BMD dapat dioptimalkan dan risiko terjadinya penyimpangan atau korupsi dapat diminimalisir.Sd.

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini