×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Expose Produk Pertanian Sulawesi Tengah : Komoditas Pertanian dan Perkebunan Sulteng Dapat Bersaing Di Pasar Dunia

Selasa, 08 Agustus 2023 | Agustus 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-10T04:08:40Z


TransSulteng-Palu- Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sulteng membuka secara resmi kegiatan Expose Produk Pertanian Sulawesi Tengah tahun 2023. Bertempat, di Halaman Kantor Dinas TPH Provinsi Sulawesi Tengah. Selasa, (8/08/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 tahun. 

Melalui kegiatan Expose Produk Pertanian tahun 2023, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah terus melakukan upaya dalam meningkatkan posisi tawar petani dan pelaku usaha agribisnis.

Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu distribusi agar petani dan pelaku usaha agribisnis dapat memenuhi produk sesuai dengan kebutuhan pelaku pasar, pedagang, supplier, pasar tradisional, pasar modern, industri, pabrikan, eksportir, pedagang antar pulau dan konsumen sebagai penerima akhir dari produk pertanian.

Di katakan,Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, 8 Agustus hingga 10 Agustus 2023 yang bertempat di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah, Jl. Kartini No. 80. Kegiatan Ekspose Produk Pertanian ini juga dilaksankan rutin setiap dua minggu sekali dalam skala yang lebih kecil, tepatnya pada hari Kamis di area halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah.

Selain itu,Peserta dari kegiatan ini terdiri dari petani, perorangan, kelompok tani, UMKM, pelaku usaha pengolahan, organisasi, lembaga pemasaran, instansi terkait, pihak perbankan, BUMN, dan beberapa sponsor kegiatan yang berjumlah 88 peserta.

Mengawali sambutannya, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura menyampaikan syukur alhamdulillah karena dapat menggelar kegiatan Expose Produk Pertanian tahun 2023 untuk membantu distribusi produk pertanian sesuai kebutuhan pasar. 

“Hal ini merupakan sinergi yang baik dan positif dalam upaya meningkatkan sektor pertanian di Sulawesi Tengah, karena dengan adanya kegiatan ini akan mendorong pertumbuhan perekonomian di Sulawesi Tengah” ucap Rusdy Mastura. 

Gubernur juga menyampaikan bahwa potensi di Sulawesi Tengah sangatlah besar, khususnya komoditas pertanian yang mampu menembus pasar eskpor diantaranya; kelapa, olahan kelapa dan rempah-rempah. 

“Kami optimis komoditas pertanian dari Sulawesi Tengah bisa berdaya saing dan dapat diperhitungkan di pasar dunia” ujarnya 

Mengakhiri sambutannya, Rusdy Mastura menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah membuka peluang bagi para investor yang berminat untuk berinvestasi di Sulawesi Tengah, terutama pada sektor pertanian.

“Kami dengan senang hati dan tangan terbuka siap menyambut unvestasi saudara, baik yang berinvestasi untuk peningkatan produksi komoditas pertanian maupun pemasaran agar hasul perkebunan dan pertanian Sulawesi Tengah bisa diserap oleh pasar-pasar potensiall yang ada” tutup Gubernur 

Turut hadir : Kepala Dinas, Badan, Biro lingkup Pemprov Sulteng, Pejabat Lingkup Dinas TPH Provinsi, Perwakilan BUMN dan Sponsor terkait.

Sumber : Diskominfo Santik selaku Humas Pemprov. Sulteng/SD

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini