Notification

×
Gubernur Sulteng
Gubernur Sulteng

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kadis Koperasi dan UKM Sulteng Buka Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Pengelolaan Usaha Anggota Koperasi.

Selasa, 20 Juni 2023 | Juni 20, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-20T21:11:13Z


TransSulteng-Palu - Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Kementrian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) RI bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulteng menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pengelolaan Usaha Anggota Koperasi. Bertempat, di D'Kalora Hotel & Resort Jl. Silae, Ulujadi. Selasa, (20/6/2023)

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai dari 20 Juni hingga 22 Juni 2023. Dan peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 30 orang. 

Asisten Deputi Pengembangan SDM Pengoperasian dan Jabatan Fungsional diwakili Pejabat Fungsional Pengawas Koperasi Ahli Madya Heri Basuki mengatakan, Tujuan pendidikan dan pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan bisnis anggota, meningkatkan produk anggota dan terhubung dengan offtaker, promosi atau naik kelas bisnis anggota koperasi.

Heri juga menjelaskan bahwa koperasi modern adalah koperasi yang telah mengadopsi teknologi yang berkapasitas produksi besar, memiliki akses sumber-sumber permodalan dan pasar yang berdampak pada manfaat kepada anggota dengan menekankan nilai-nilai prinsip koperasi. 

"Kita ambil 3 pilar diantaranya pilar kelembagaan, pilar usaha dan pilar keuangan."ujarnya 

Lebih lanjut, Heri menyampaikan bahwa sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2019-2024 yang dituangkan dalam rencana pemerintah Kementerian Koperasi dan UKM diberikan tanggung jawab pencapaian indikator utama pengembangan Koperasi dan UKM sebanyak 500 UKM modern. 

"Sampai saat ini sudah tercapai sebanyak 150 koperasi modern."Sebut Heri pada kesempatan itu 

Adapun outcome pendidikan dan pelatihan ini adalah ; (1) meningkatnya produksi anggota dan terhubung dengan offtaker. (2) meningkatkan jaringan dan bisnis koperasi. (3) meningkatnya kelembagaan organisasi dan usahanya. (4) meningkatkan profesionalisme koperasi dan pendapatan koperasi. (5) meningkatnya kesejahteraan anggota. 

Terakhir, ia berharap, agar para peserta pendidikan dan pelatihan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat mengembangkan koperasinya bisa berkembang menjadi lebih baik. 

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulteng Sisliandy Ponulele sekaligus membuka secara resmi pendidikan dan pelatihan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kementrian Koperasi dan UKM RI yang telah melaksanakan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bagi anggota koperasi Provinsi Sulawesi Tengah. 

"Saya ucapkan selamat datang Tim dari kementerian dan narasumber ke Provinsi Sulawesi Tengah."Ucap Kadis Koperasi dan UKM 

Selanjutnya, Sisliandy menjelaskan, kegiatan ini sejalan dengan isu nasional sebagai disampaikan Presiden RI pasca Pandemi terkait pemulihan sektor transportasi, sektor pariwisata dan pengembangan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM).

"Saya sangat antusias dengan pelaksanaan kegiatan ini, karena sesuai dengan isu nasional saat ini." Ungkap Sisliandy 

Berdasarkan isu nasional bahwa menuju koperasi yang modern dan berdaya saing tentunya melalui penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas manajemen kelembagaan dan kualitas produk. 

"Pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan UKM hadir dan berperan serta siap mendampingi sesuai Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur "Gerak Cepat menuju Sulawesi Tengah yang Lebih Sejahtera dan Lebih Maju."jelas Sisliandy 

Lebih lanjut, ia berharap agar seluruh peserta  pendidikan dan pelatihan memanfaatkan kesempatan ini, untuk menyerap informasi, pengalaman, pengetahuan dan teknologi agar bisa bermanfaat bagi orang lain.

"Mari tingkatkan kualitas kita, baik SDM dan manajemen pengelolaan dan mampu beradaptasi serta memberikan nilai terhadap kelembagaan koperasi."tutupnya 

Turut hadir : Pengurus, pengelola dan anggota koperasi Kabupaten dan Kota se- Sulawesi Tengah.

Sumber : Kominfo Santik selaku Humas Pemprov. Sulteng. 

Narahubung : Ahyain (082251271042)

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini