Notification

×
Gubernur Sulteng

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dispoar Sulteng Dorong Pengembangan Sistem Informasi Desa Wisata.

Rabu, 14 Juni 2023 | Juni 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-14T14:24:10Z


TransSulteng-Palu– Dinas Pariwisata (Dispar) Prov. Sulteng melakukan sosialisasi tentang pembuatan Sistem Informasi Desa Wisata (SI DEWI) guna memperkuat sektor pariwisata di Sulawesi Tengah. Bertempat, di Ruang Rapat Palindo, Dispar Sulteng, Jl. Dewi Sartika, Palu. Rabu, (14/6/2023).

Sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan rangkaian kegiatan inovasi pelatihan kepemimpinan administrator Angkatan ke- XI tahun 2023. Melalui inisiatif ini, diharapkan potensi pariwisata di desa-desa di Sulawesi Tengah dapat lebih terangkat dan diperkenalkan kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

di katakan,Dalam sosialisasi tersebut, Kabid Pengembangan Destinasi Wisata, Dorkas Rangan, mengungkapkan bahwa SI DEWI bertujuan untuk mempermudah akses informasi bagi wisatawan yang ingin mengunjungi desa-desa wisata di Sulawesi Tengah. 

Sistem ini akan memberikan data lengkap tentang daya tarik wisata, fasilitas yang tersedia, akomodasi, kuliner khas, dan informasi lainnya yang berguna bagi para wisatawan.

Nantinya, SI DEWI akan disinkronisasikan dengan Jaringan Desa Wisata (JADESA) dan Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional (SISPARNAS).

Melalui SI DEWI, setiap desa dapat mengupdate data terkait keunikan yang ada di masing-masing desa wisatanya. Selain itu, setiap desa juga dapat mendaftarkan desanya masing-masing menjadi calon desa wisata, yang kemudian akan diverifikasi oleh Dispar Prov. Sulteng mengenai kelayakannya.

“Semua Pokdarwis di masing-masing desa akan diberdayakan menjadi admin, sehingga dapat mengupdate keunikan setiap desanya.” ujar Dorkas.

Sistem Informasi Desa Wisata (SIDEWI) akan dikembangkan dalam bentuk aplikasi berbasis web yang dapat diakses melalui perangkat mobile atau komputer.

Selain itu,Aplikasi ini akan menampilkan peta interaktif yang menunjukkan lokasi desa wisata serta memberikan deskripsi rinci tentang setiap desa yang terdaftar di dalamnya, sehingga wisatawan dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang pengalaman yang mereka harapkan.

Di masa depan, diharapkan SIDEWI dapat menjadi referensi utama bagi wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan dan keragaman budaya desa-desa wisata di Sulawesi Tengah.

Turut hadir : Kabid Pengembagan Pemasaran Dispar Prov Sulteng beserta jajarannya, Kades Karunia Kec. Palolo, Kab. Sigi, Pokdarwis Desa Karunia Kec. Palolo, Kab. Sigi, Kades Towale Kec. Banawa Tengah Kab. Donggala, Staf Bidang Pengembangan Destinasi Dispar Sulteng, dan Diskominfo Santik Prov. Sulteng.

Sumber :Humas Pemprov Sulteng/SD

Narahubung : Moh. Syahroel (082292008283)

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini