Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sosialisasi SDI & Pembentukan SDI Kabupaten Morowali

Rabu, 16 November 2022 | November 16, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-16T12:00:56Z



TransSulteng-Palu- Kepala dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan statistik Provinsi Sulawesi tengah yang diwakili Bapak Echmond SH, sebagai statistisi ahli muda mengikuti sosialisasi satu data Indonesia Tingkat Kabupaten Morowali. Berlangsung secara Virtual, bertempat diruang rapat Kantor DKIPS prov sulteng (16/11/2022).

Adapun Tujuan Kegiatan tersebut untuk Mensosialisasikan satu data Indonesia sekaligus membentuk forum satu data indonesia melalui dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Morowali.

Dalam sambutanya bupati Morowali Drs. Taslim Menyampaikan Tata kelola yang baik mendorong ketersediaan (kuantitas) dan kualitas data, sehingga data yang dihasilkan akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungkan jawabkan, mudah diakses dan dibagi pakaikan antar instansi pusat dan daerah, serta mendorong keterbukaan dan transparansi data juga mendukung sistem statistik nasional.

"Untuk mencapai hal tersebut tidak lepas dari kolaborasi yang baik antara pembina data, wali data, dan produsen data (walidata pendukung)". Lanjut Drs. Taslim.

Pada kesempatan itu Echmond, SH Selaku Pemateri tentang peran wali data dalam mengkoordinasi fungsional statistik sebagai ujung tombak pengelolaan data statistik sektoral diorganisasi perangkat daerah-daerah yang bertujuan Pertama Tersosialisasikan peranan dan fungsi  institusi statistik dalam satu data indonesia sehingga masing-masing institusi dapat mengerti dan memahami posisinya dalam mendukung satu data indonesia.

Kedua Meningkatkan Pemahaman tentang pengelolaan data dan informasi statistik.

Lebih lanjut Echmond, SH Menyampaikan, Prinsip satu data indonesia Tingkat Provinsi harus dilakukan berdasarkan prinsip dimana data harus memenuhi standar data, data harus memiliki MetaData, Data harus memenuhi kaedah interoperabilitas Data, Data harus menggunakan Kode Referensi/Data induk.

Adapun tugas forum satu data provinsi sulawesi tengah menurut keputusan Gubernur Sulawesi tengah adalah sebagai berikut :

1. Menyusun rencana kerja forum Satu data dengan menggunakan indikator dan target yang terukur untuk periode tertentu yang akan digunakan untuk monitoring dan evaluasi kegiatan forum satu data;

2. Meningkatkan kerja sama lintas sektor dalam rangka penguatan data yang dihasilkan terkait dengan pengadaan data dan pemanfaatan data;

3. Melakukan Koordinasi dan sinkronisasi data yang dibutuhkan guna lebih meningkatkan pemanfaatan data bagi perencanaan pembagunan daerah;

4. Menjamin Kesinambungan ketersediaan data yang bersumber dari setiap sektor dan 

5. Menjaga dan meningkatkan kualitas data yang dihasilkan oleh setiap sektor untuk mendukung peningkatan kualitas perencanaan dan pembangunan daerah.

Turut Hadir Kepala BPS Prov. Sulteng, Kepala Bappeda Kabupaten Morowali, Kepala dinas kominfo Kabupaten Morowali.

Sumber:  Pemprov Sulteng/SD

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini