Notification

×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sekda Parimo ,Zulfinasran Dialog di GPR TV Kemkominfo Bahas HARKANNAS dan Kesiapan Penopang IKN

Senin, 14 November 2022 | November 14, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-15T13:11:30Z


TransSulteng-Parigi Moutong- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran SSTP MAP dialog di Goverment Public Relations (GPR) TV Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bertempat di gedung Lantai II Direktorat Jenderal (Dirjen) Informasi Komunikasi Publik (IKP) (14/11). 

Dialog dipandu oleh Presenter Mona Azhari Nissaq dengan melontarkan berbagai pertanyaan seputar kesiapan Parigi Moutong sebagai tuan rumah Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ke- 9, seputar Ketahanan Pangan dan seputar persiapan Parigi Moutong sebagai penopang Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. 

Sekda Zulfinasran pada pengantar awal menjelaskan gambaran umum wilayah Kabupaten Parigi Moutong dengan panjang garis pantai 472 kilo meter sebagian besar dari 278 Desa di 23 Kecamatan berada di pesisir pantai. 

"Parigi Moutong berada pada posisi Teluk Tomini dan daerah trans berbatasan dengan 3 Provinsi yaitu Provinsi Gorontalo, Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Sulawesi Selatan," Katanya. 

Lanjut Sekda, terkait dengan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) dengan tema "Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan Untuk Generasi Unggul" maka Ikan adalah solusi ketahanan pangan. 

"Untuk kegiatan Hari Ikan Nasional sampai dengan hari ini menurut laporan teman teman persentasenya sudah 90 persen. Pada tanggal 19 November 2022 dimulai Pameran UMKM, dan Pameran  ini akan diikiti oleh peserta dari Provinsi lain termasuk beberapa UMKM yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah dan UMKM lokal yang ada di Parigi Moutong,"Jelasnya.

Sekda juga katakan, di rangkaian kegiatan HARKANNAS akan digelar seminar atau lokakarya terkait persiapan Regional se Sulawesi terhadap ketahanan pangan di Sulawesi untuk persiapan kebutuhan pangan IKN. 

"Mengapa kita harus menyasar IKN? Ini juga akan dibahas dalam Lokakarya Regional Sulawesi untuk mempersiapkan diri ketika IKN dibuka  maka tentunya membutuhkan pasokan Pangan untuk IKN," Terangnya. 

Selain lokakarya, kata Sekda di tanggal 20 November 2022 ada lomba masak serba Ikan, dan makan ikan kurang lebih sebanyak 500 orang serta lomba melukis. 

"Untuk kegiatan di hari Puncak tanggal 21 November 2022 akan ada kegiatan Panen raya udang, Penanaman Mangrove, gerakan Nasional Bulan Cinta laut (BCL) untuk bersih bersih pantai, lomba Parade Perahu termasuk Partisipasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam lomba Fotografer tingkat Nasional yang pemenangnya akan diumumkan dihari puncak tersebut," Imbuhnya. 

Saat ditanya oleh Presenter terkait ada tidaknya UMKM bergerak di sektor Kelautan di Parigi Moutong, Sekda menjawab kurang lebih 123 UMKM bergerak di sektor Kelautan, dan saat ini kata Sekda Pemda Parigi Moutong sedang mengembangkan potensi potensi agar masuk  pasar UMKM. 

"Nah inilah program bapak Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong bagaimana kita masuk pasar UMKM. Ada beberapa persiapan persiapan kita dalam menghadapi pasar UMKM, karena ini adalah peluang besar dengan potensi yang ada bisa terkelola dengan baik, dan saat ini kita fokus pada pemberian modal dan pembelian alat produksi lainnya untuk pengembangan UMKM,"Ujarnya.

Dialog di GPR TV kurang lebih berlangsung selama 20 menit itu, masih banyak disampaikan Sekda Zulfinasran dan dikupas habis termasuk soal inflasi dan perputaran ekonomi masyarakat Parigi Moutong. 

DISKOMINFO PARIMO/SD

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini