×
Gubernur Sulteng
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pembukaan ,FGD Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial TPBIS.

Selasa, 18 Oktober 2022 | Oktober 18, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-18T23:48:30Z


TransSulteng-Palu, Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispusaka) Drs. I Nyoman Sriadijaya, M.M., yang di diwakili Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Muh. Idham Khalid, S.Sos., M.A.P., Membuka FGD Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), bertempat di ruang kerja Kadispusaka, Selasa (18/10/2022).

Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial merupakan sebuah inovasi untuk menjadikan perpustakaan sebagi pusat belajar masyarakat yang berkelanjutan dengan memanfaatkan layanan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, peran pemangku kepentingan di tingkat Provinsi, serta komitmen dari pimpinan daerah sangat penting dalam mendorong keberhasilan program prioritas nasional ini, hingga ke tingkat kabupaten dan desa.

Dukungan dari pimpinan daerah dan pemangku kepentingan di tingkat Provinsi terutama dapat mempercepat mobilisasi kebijakan, sumber daya manusia maupun anggaran. Mengingat pentingnya peran para pemangku kepentingan di tingkat Provinsi dalam membangun ekosistem pendukung program ini. 

Maka perpustakaan Nasional mendorong terbentuknya sebuah Tim multi stakeholder di Tingkat Provinsi yang dapat disebut dengan Tim sinergi Provinsi merupakan tim lintas sektor dari berbagai pemangku kepentingan yang akan menjadi motor penggerak keberlanjutan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan berkontribusi untuk keberhasilan program.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca melanjutkan dalam sambutan Kadispuska bahwa program revitalisai pengembangan perpustakaan umum melalui tranformasi layanan perpustakaan berbasis inklusii sosial yang dilaksanakan perpustakaan nasional merupakan program yang mendukung program prioritas nasional, yaitu percepatan pengurangan kemiskinan melalui penguatan literasi untuk kesejahteraan TPBIS ini merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Akhir sambutan Kadispusaka berharap seyogianya kita dapat menjaga dan melanjutkan kesinambungan perkembangan perpustakaan di daerah Provinsi Sulawesi Tengah untuk perlu upaya inovatif dan kreatif dari para pemangku kebijakan dalam mendesain program dan kegiatan di daerah sesuai potensi dan kekhususan daerah agar masyarakat betul-betul merasakan manfaat keberadaan perpustakaan terhadap kehidupannya dalam meningkatkan kreativitas dan kemandirian masyarakat itu sendiri.

Turut hadir Tim Sinergi : Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah BPPD Prov. Sulteng, Kabid Pemberdayaan Lembaga Masyarakat dan Desa Dinas PMD Prov. Sulteng, Kabid Aplikasi Informatika DISKOMINFO Prov. Sulteng, Perwakilan Kepala UPT. Perpustakaan UNTAD, Ketua Komunitas Historia Sulteng, Kabid Pengembangan Kompetensi BPSDM, Andi Arisal, S.Sos., M.A.P. Staf UIN Datokarama Palu.

Sumber : PPID DISPUSAKA PROV SULTENG/Anjas

Gubernur Sulteng Polda Sulteng Bupati Parrimo DUKCAPIL Sulteng BKAD Provinsi Nama Iklan
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini